Percepat Pembangunan Sepakbola lewat Liga Pelajar Piala Menpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar seremonial pembukaan Liga Pelajar Piala Menpora U-14 dan U-16 2017 di Asahan, Sumatera Utara, Kamis (25/5). Acara ini juga digelar bersamaan dengan final Kompetisi Askab PSSI Asahan U-17 2017.

“Liga Pelajar Piala Menpora U-14 dan U-16 ini merupakan salah satu jawaban atau langkah konkret untuk percepatan pembangunan sepakbola melalui kompetisi berjenjang usia dini dan usia muda. Melalui kompetisi berjenjang akan memberi spirit dan semangat pemain untuk tekun berlatih karena ada sasaran yang jelas dan terukur,” kata Menpora, Imam Nahrawi.

Deputi 3 Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan, pihaknya sangat siap menggelar kick-off Liga Pelajar U-14 dan U-16 2017. “Sesuai instruksi Menpora Imam Nahrawi dan program percepatan pembangunan sepakbola nasional, kompetisi ini diharapkan memberi lebih banyak kesempatan pemain usia muda berkompetisi sepak bola,” terang Raden Isnanta.

Sedianya pembukaan dihadiri Menpora Imam Nahrawi. Namun, karena kesibukan dan agenda yang padat, Deputi 3 Kemenpora yang diminta untuk melakukan kick-off Liga Pelajar U-14 dan U-16. Program kompetisi U-14 dan U-16 memang ada dalam lingkup Deputi 3 Kemenpora.

“Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi untuk sementara ini masih dijadwalkan hadir. Kick-off nasional Liga Pelajar U-14 dan U-16 rencananya turut dihadiri Bupati Asahan dan rangkaian acara dimulai pada pukul 13.00 WIB,” ungkap Raden Isnanta.

Selain itu, kick-off nasional Liga Pelajar U-14 dan U-16 turut dimeriahkan pertandingan ekshibisi Timnas Pelajar Kemepora yang disiapkan untuk bermain di Gothia Cup 2017 China. Tim pelajar Kemepora akan menghadapi tim U-16 Sumatera Utara.

Sama seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, Liga Pelajar U-14 dan U-16 diselenggarakan mulai tingkat Kabupaten/Kota, dilanjutkan Provinsi, hingga nantinya juara tingkat daerah lolos ke putaran nasional.

Kick-off Kabupaten/Kota ini hasil kerja sama yang baik antara Kemenpora, Pemkab Asahan, Askab PSSI Asahan, dan PSSI. Untuk Liga Pelajar U-14 ada di bawah operator BLiSPI pimpinan Subagja, sedangkan Liga Pelajar U-16 di bawah operator M Kusnaeni.

Putaran nasional Liga Pelajar U-14 dan U-16 dijadwalkan berlangsung pada September mendatang di Magelang. Rangkaian putaran final dibarengkan dengan puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017.

loading...