Cerita 2 Pemain Persib Jalani Tradisi Menjelang Ramadan

Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat Islam. Semua menyiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa, tak terkecuali dua pemain Persib Bandung, Tantan dan Muhammad Nashir. Sebelum puasa hari pertama, mereka melakukan tradisi.

Tradisi itu yakni munggahan atau kumpul bersama keluarga besar dan makan bersama. Sebelum munggahan, Tantan berziarah lebih dulu ke makam ayahanda tercinta.

“Kemarin ziarah ke makam Bapak lalu besoknya kami munggahan, kumpul bersama dan makan-makan bersama semua saudara menyambut bulan puasa,” ujar Tantan di mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Jumat (26/5/2017).

Munggahan dengan makan bersama keluarga besar menjadi rutinitas bagi Tantan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Apalagi, kata Tantan, antara keluarganya dan keluarga pihak istri rumahnya berdekatan.

“Kalau masalah makanan tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, hanya tahun ini ada menu rendang saja,” seloroh pemain bernomor punggung 82 sambil tersenyum.

Hal senada diungkapkan M. Nashir. Kiper kedua tim Maung Bandung ini juga melakukan munggahan dengan makan bersama keluarga besar untuk menyambut bulan puasa.

“Tahun ini kami makan bersama menu nasi liwet khas Sunda dengan alas daun pisang. Alhamdulillah semua bisa berkumpul, termasuk orang-orang dekat di sekitar rumah,” ucap pemain yang akrab disapa Deden.

Persib Bandung saat ini diliburkan selama dua hari. Tim asuhan Djadjang Nurdjaman kembali latihan bersama pada Minggu (28/5/2017) sore dan rencananya bertolak ke Bali Senin (29/5/2017) sebagai persiapan menghadapi Bali United (31/5/2017) dalam laga lanjutan Liga 1.