Timnas Putri Indonesia U-15 Tak Berdaya Hadapi Filipina

Timnas Putri Indonesia U-15 harus mengawali kiprah di Piala AFF Putri U-15 2017 dengan hasil mengecewakan. Safira Ika Putri Kartini dkk. kalah 0-2 dari Thailand di KM16 Stadium, Vientiane, Laos, Selasa (9/5/2017).

Timnas Putri Indonesia U-15 tampak grogi saat menghadapi Filipina dalam laga pertama ini. Kondisi tersebut membuat Filipina mampu tampil mendominasi sejak awal pertandingan dan berulang kali mengancam gawang Indonesia yang dikawal Rabiah Nur Khodijah.

Akhirnya sebelum babak pertama usai, dua penggawa Timnas Putri Filipina U-15, Viviana Cera dan Katelyn Alexander, berhasil membobol gawang Indonesia. Kedudukan 0-2 untuk keunggulan Filipina pun bertahan hingga laga usai setelah tim asuhan Rully Nere itu kesulitan untuk mengembangkan permainan meski ada dua peluang emas yang hanya berakhir dengan bola yang membentur mistar gawang.

Rully Nere pun mengakui tim asuhannya itu tertekan sejak babak pertama. Postur tubuh para pemain Filipina yang begitu tinggi cukup menjadi kendala bagi Timnas Indonesia. Namun, sang pelatih juga merasa cukup puas dengan kerja keras para pemain asuhannya yang mencoba untuk menekan dan menciptakan beberapa peluang termasuk yang membentur mistar gawang. Rully pun berharap di laga berikutnya, Safira Ika dkk. bisa meraih hasil lebih baik.

“Babak pertama kami ditekan, Filipina bermain dengan pemain berusia rata-rata 15 tahun dan postur tubuh yang menjulang. Pada babak kedua kami berusaha dan mampu menekan balik. Namun, peluang yang tercipta justru membentur mistar gawang Filipina,” ujar Rully Nere.

“Anak-anak sudah bermain bagus dengan pola 4-5-1. Selanjutnya kami menghadapi Singapura dan harus meraih kemenangan demi bisa lolos ke babak selanjutnya. Kami harus lebih fokus karena ini adalah laga internasional perdana mereka, jadi masih ada demam panggung,” lanjutnya.

Sementara itu, kapten Timnas Putri Indonesia U-15, Safira Ika, mengaku kekalahan timnya hanya masalah ketidakberuntungan saja. Ia pun optimistis bisa meraih hasil lebih baik di pertandingan selanjutnya yang memang wajib dimenangi.

“Kami kurang beruntung. Harusnya mampu mengimbangi. Namun, Filipina mampu memanfaatkan kesempatan. Pertandingan menghadapi Singapura kami harus menang. Kami memohon doa dan dukungan agar bisa lolos dari grup,” ujar Safira.

Timnas Putri Indonesia U-15 akan menghadapi Singapura di pertandingan kedua yang digelar di tempat yang sama, KM16 Stadium, pada Kamis (11/5/2017).

Susunan pemain:

Filipina: Rizamae Ugbaniel, Keanne Dedel, Myria Garcia, Kassandra Zalamea, Arianna Lepage, Ma Bianca Torres, Chloe Williams, Viviana Cera, Katelyn Alexander. Gabriella Collatos, Sheteo Cruces.

Indonesia: Rabiah Nur Khodijah, Diah Ayu Puspitaningrum, Syafira Azzahra Ramadhanti, Sasi Kirana Afandi, Anisa Febiana, Vinny Silfianus Sunaryo, Carla Bio Pattinasarany, Sheva Imut Furyzcha, Leli Sukmawati, Safira Ika Putri Kartini, Jasmine Sefia Waynie Cahyono.