Liga 3: Arema Indonesia Dikeroyok Klub Pesisir Selatan

Arema Indonesia akan mengawali perjuangannya mulai kasta terbawah kompetisi nasional lewat Liga Nusantara 2017. Ini kali pertama Arema Indonesia kembali berkiprah setelah dibekukan PSSI sejak 2012.

Mantan klub LPI ini tergabung di Grup E Linus Jatim. Arema Indonesia bakal dikeroyok tim-tim asal pesisir selatan Jawa Timur seperti Blitar Putra, Persema 1953, ASIFA Malang, Perseta Tulungagung, dan Persiga Trenggalek.

Asisten Manajer Perseta Agus Armada menyebut grup ini neraka. Pasalnya, Blitar Putra, Arema Indonesia, ASIFA Malang, dan Persema 1953 klub-klub tangguh.

“Blitar Putra klub legendaris. Dulu pernah jaya di era 1980-an. Arema Indonesia dan Persema juga punya sejarah panjang. ASIFA punya pembinaan usia muda bagus,” kata Agus Armada.

Padahal sebenarnya Perseta bukan klub pupuk bawang. Klub berjuluk Laskar Badai Selatan ini pernah pentas di Divisi Utama 2012-2014. Namun mereka terdegradasi dan menapak lagi dari bawah lagi.

“Setelah turun kasta, para suporter meminta saya kembali menangani Perseta. Mereka ingin klub ini naik kasta lagi. Sebenarnya animo penonton di Tulungagung sangat tinggi. Ini modal kami untuk bersaing dengan klub-klub legendaris tersebut,” tutur Agus Armada.

Persiga juga sedang bangkit. Klub ini diarsiteki Mursyid Effendi. “Target manajemen Persiga lolos ke putaran kedua. Antusiasme publik dan pengurus cukup serius. Ini tantangan bagi saya,” ucap mantan bek Persebaya dan Timnas Indonesia.