PSM Kalahkan Persija, Robert Alberts Malah Kritik Wasit

PSM Makassar mengamankan tiga poin kandang setelah menekuk Persija Jakarta 1-0 pada pekan ketiga Liga 1 2017 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (30/4/2017).

Meski menang, Robert Alberts, pelatih PSM melontarkan kritik terhadap kinerja sang pengadil di lapangan. “Wasit Thoriq Alkatiri terlalu gampang mengeluarkan kartu. Fakta ini sedikit mempengaruhi konsentrasi pemain,” ujar Robert ada jumpa media usai pertandingan

Pada pertandingan PSM versus Persija, wasit Toriq mengeluarkan masing-masing dua kartu merah dan tujuh kartu kuning buat pemain kedua tim.

Menurut Robert, secara umum kinerja wasit hampir mirip khususnya dalam menilai suatu pelanggaran. “Sepanjang pengalaman saya selama 40 tahun jadi pelatih, baru kali ini saya melihat para wasit mengeluarkan banyak kartu diawal kompetisi,” jelas Robert.

Di lain pihak, Robert mengaku belum paham standar penilaian wasit terhadap pelanggaran pemain di kotak penalti. Di mata pelatih asal Belanda ini seharusnya PSM mendapat dua penalti.

“Dua kali pemain Persija melakukan pelanggaran murni di kotak tapi wasit mendiamkannya. Ini sangat berbeda ketika kami diganjar penalti buat pelanggaran ‘abu-abu’ di Tenggarong lalu,” papar Robert.

Terkait penampilan pemainnya, Robert secara khusus memuji kinerja duet stoper Hamka Hamzah dan Hendra Wijaya. “Mereka tampil bagus untuk membuat Bruno Silva dan Luis Junior kesulitan mencetak gol,” katanya.

Pada jumpa media itu, Robert juga menepis anggapan fisik skuatnya kerap melorot pada pengujung pertandingan. “Anda lihat sendiri, pergerakan pemain justru makin membaik mulai awal sampai akhir babak kedua, “pungkas Robert Alberts.