PSSI Bersikap Terbuka Dengan Keluhan PSM Makassar

PSSI akan menerima dengan baik segala keluhan dari PSM Makassar terkait kinerja wasit Iwan Sukoco. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Sebelumnya, PSM melayangkan protes keras terhadap kepemimpinan Iwan yang memimpin laga melawan Mitra Kukar di Tenggarong, Kalimantan Timur, Senin (24/4/2017). Bahkan, Direktur Utama PT PSM Makassar, Munafri Arifuddin meminta PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk segera mengevaluasi Iwan. Jika tidak, PSM siap untuk menghakimi Iwan dengan caranya sendiri.

Joko lantas menyarankan pihak PSM sebaiknya melakukan protes melalui jalur resmi. Ditegaskannya, protes tersebut pasti akan langsung mendapat tanggapan dari pihaknya.

“Jadi semua harus menyampaikan keluhan dan protes. Kita sangat terbuka kok untuk itu, pro aktif juga di komite wasit untuk melakukan evaluasi dan ini bukan satu atau dua kejadian. Komite wasit langsung melakukan evaluasi,” ujar Joko kepada Bola.net, Rabu (26/4/2017).

Namun ketika ditanya apakah pihak PSM sudah membuat nota protes resmi, Joko belum bisa memastikannya. Namun, pria yang akrab disapa Jokdri ini menyatakan sudah ada komunikasi yang terjalin dengan pihak PSM.

“Saya belum dapat konfirmasinya. Takutnya sudah datang tapi saya belum melihatnya. Tapi saya komunikasi baik dengan Pak Munafri dan dia ingin segera menuliskan suratnya, yang mana yang dikeluhkan itu jadi referensi bagi komite wasit,” ucapnya.

Jokdri menambahkan, dia mendorong tiap klub untuk mengajukan protes secara resmi. Sebab, hal tersebut bisa dijadikan acuan untuk membuat sepakbola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

“Prinsipnya tidak hanya PSM. Siapapun kalau ada keluhan pasti di follow up. Lalu ada keluhan atau tidak ada keluhan, komite wasit melakukan monitoring dan evaluasi. Semua pasti akan kita lakukan untuk memperbaiki kinerja kompetisi,” pungkasnya. (fit/asa)