Edy Rahmayadi Yakin Masalah KITAS Pemain Asing di Liga 1 Segera Selesai

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mengomentari soal ketiadaan KITAS pemain asing yang tampil pada Liga 1. Dia optimistis KITAS pemain asing itu segera bisa diselesaikan.

Kick-off Liga 1 digelar 15 April 2017 dengan memanggungkan Persib Bandung dengan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. BOPI memberikan rekomendasi terhadap pelaksanaan Liga 1 itu dengan catatan. BOPI sekaligus meminta agar klub-klub segera menyelesaikan KITAS alias Kartu Izin Tinggal Terbatas untuk para pemain asing yang dimiliki.

Nah, Persib memiliki dua pemain asing, Michael Essien–sebagai marquee player–dan Carlton Cole. Persib menurunkan dua pemain itu dalam laga tersebut. Tapi, rupanya sampai pertandingan usai, Essien dan Cole tak memiliki KITAS.

BOPI menilai Persib dan operator PT Liga Indonesia Baru telah melanggar kesepakatan untuk memenuhi KITAS para pemain asing. BOPI pun mengancam akan melaporkan masalah ini kepada Keimigrasian. Kantor Imigrasi juga sudah bersikap.

[Baca Juga: Tentang KITAS Essien dan Cole, dan Ancaman Sanksi Deportasi]

“KITAS adalah regulasi untuk pemain luar negeri bekerja di sini. Tidak bisa langsung jadi. KITAS ini diperlukan untuk mengawasi. Ini kan kelihatan pemain-pemainnya kelihatan di TV dan koran,” ungkap Edy saat ditemui di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (17/4/2017).

“Ada komunikasi antara Ketua BOPI dengan PSSI dan masih proses. Sepakbola ini kan hiburan rakyat. Segera mungkin kita bereskan.” katanya.

Terkait ancaman BOPI dan Kemenpora, Edy pun menanggapinya dengan santai.

“Ah masak orang kita sama orang kita laporin sendiri,” sahutnya.

loading...