Suntikan Dana PSSI ke Klub Rp 7,5 Miliar Lebih Kecil dari Permintaan Klub yang Minta Rp 10 M

Suntikan Dana PSSI ke Klub Rp 7,5 Miliar Lebih Kecil dari Permintaan Klub yang Minta Rp 10 M

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, Rabu (29/3/2017) kemarin, di Markas Kostrad, Jakarta, menetapkan nama resmi ajang Liga 1 menjadi Gojek Traveloka Liga 1 dan akan dimulai pada 15 April mendatang.

Setiap klub peserta kompetisi kasta tertinggi akan mendapat dana kontribusi Rp 7,5 miliar.

Dana kontribusi itu diumumkan setelah PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 memastikan mendapat sponsor utama dari Gojek dan Traveloka. PT LIB juga memberikan hak siar kepada TV One.

Dana kontribusi itu lebih besar dibandingkan dengan Indonesia Soccer Championship yang mencapai Rp 5 miliar.

Namun, jumlah itu lebih kecil dibandingkan dengan permintaan klub-klub yang mencapai Rp 10 miliar.

Tim-tim yang mendapat rating televisi tertinggi dan ranking teratas juga akan mendapat tambahan dana kontribusi. Dengan adanya dana kontribusi itu, Edy meminta tidak ada klub yang menunggak lagi gaji para pemain mereka.

“Semua klub harus bersikap profesional dan tidak boleh ada lagi yang menunggak gaji pemain. Dengan adanya dana kontribusi, seharusnya tidak ada klub yang menunggak gaji,” kata Edy.

Pada kesempatan itu, Edy juga mengumumkan laga pembukaan Liga 1 akan digelar pada 15 April di Stadion Gelora Bandung Lautan Api antara Persib Bandung dan Arema FC.

Persib dipilih karena menjadi juara Liga Super Indonesia musim 2014 dan Arema FC dipilih karena menjadi juara Piala Presiden 2017.

Edy juga meminta setiap klub menyiapkan tim U-19 sebagai bagian pembinaan generasi muda. Tim U-19 akan menghadapi kompetisi tersendiri agar para pemain muda diasah kemampuannya dan mendapat pengalaman bertanding.