Ini Alasan Dana Kontribusi PSSI Rp 7,5 Miliar Dinilai Tidak Cukup

Ini Alasan Dana Kontribusi PSSI Rp 7,5 Miliar Dinilai Tidak Cukup

Menanggapi kenaikan dana kontribusi PSSI ke klub yang sebesar Rp 7,5 Miliar, CEO PSM Munafri Arifuddin mengatakan, dana kontribusi itu cukup jika klub hanya menjalankan satu tim.

Namun, kewajiban menjalankan tim U-19 untuk menghadapi kompetisi tersendiri membuat dana kontribusi itu dinilai kurang banyak oleh klub.

“Kalau untuk membiayai dua tim, dana kontribusi itu kurang. Dana kontribusi yang ideal mencapai Rp 10 miliar. Sebesar Rp 7,5 miliar untuk tim utama dan Rp 2,5 miliar untuk membiayai tim U-19, itu akan menjadi lebih baik,” kata Munafri.

Menurut Munafri, kewajiban membentuk tim U-19 merupakan kebijakan yang bagus karena membantu tim untuk melakukan regenerasi. Dengan adanya tim U-19, klub tidak perlu bingung mencari pemain U-23 pada awal musim kompetisi.

“Dengan adanya tim U-19, kami juga dapat melatih teknik, karakter, dan memberi pengalaman bagi pemain muda. Namun, kebutuhan dana juga membesar,” kata Munafri.

Sementara itu, Manajer Persib Umuh Muchtar bersyukur dengan kenaikan dana kontribusi itu karena dapat membiayai sebagian kebutuhan klub.

“Kami bersyukur dana itu sangat membantu keuangan klub. Dana itu dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi klub,” kata Umuh.