Hadirnya Raphael Maitimo Ciptakan Prahara di Persib

Raphael Maitimo Pamit Tinggalkan Arema FC

Gelandang jangkar naturaliasi, Raphael Maitimo, tinggal menunggu waktu bergabung dengan Persib Bandung. Bersama bomber asal Inggris, Carlton Cole, pemain berdarah Belanda tersebut telah menjalani tes medis di Indonesia Sports Medicine Center (ISMC) Jakarta pada Rabu (29/3/2017).

Bocorannya, pemain yang pada Piala Presiden 2017 sempat bermain di PSM Makassar itu bakal berangkat menuju Bandung pada Kamis (30/3/2017) ini. Jika tidak ada aral melintang, ia akan diperkenalkan manajemen Maung Bandung di hadapan media.

Kehadiran Maitimo menambah daftar panjang pemain bintang yang direkrut Persib jelang Liga 1 2017. Kehadirannya membuat pelatih Djadjang Nurdjaman punya banyak opsi strategi di sektor tengah.

Namun, ada sisi negatifnya. Kehadiran Maitimo bakal membuat lini kedua Persib sesak. Dalam skema 4-2-3-1 atau 4-3-3 yang sering diterapkan Djanur, maksimal hanya ada dua gelandang bertahan yang tampil di lapangan.

Satu posisi sudah pasti dihuni Michael Essien yang dibanderol mahal Rp 8,5 miliar.

Masuknya Maitimo akan membuat Kim Jeffrey Kurniawan dan Hariono tersisih. Berat bagi mereka berdua dapat kesempatan bermain.

Jika mau main aman, ada solusi lain yang bisa dipakai Djanur. Sang mentor bisa menggeser posisi bermain Raphael Maitimo menjadi bek. Saat di Mitra Kukar, ia kerap bermain sebagai stoper atau bek sayap kanan.

Namun, konsekuensinya ia harus mengorbankan Achmad Jupriyanto atau Vladimir Vujovic. Jadi, opsi mana yang dipakai Djadjang Nurdjaman jika memang Raphael Maitimo jadi digaet Persib Bandung?

loading...