Pemerintah Dorong Rencana Naturalisasi Penyerang Muda Ajax Amsterdam

Jalani Seleksi, Ezra Walian Akan Gabung Timnas Indonesia di Gelombang KeduaMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Komisi X DPR RI sepakat melakukan naturalisasi terhadap penyerang muda Ajax Amsterdam, Ezra Walian. Keputusan tersebut diambil dalam rapat kerja (raker) di Gedung Nusantara 1, DPR, Jakarta (16/3/2017).

Pemilik nama lengkap Ezra Harm Ruud Walian, 19 tahun, merupakan pesepak bola keturunan Indonesia-Belanda. Sang ayah -Glenn Walian- berasal dari Manado sementara ibunya -Linda Bos- merupakan warga negara Belanda. Erza sendiri telah menandatangani kontrak profesional bersama Ajax selama empat tahun hingga 30 Juni 2017.

Lebih jauh, pemerintah juga bermaksud melakukan naturalisasi pada Glenn yang notabene pelatih sekaligus ayah Ezra. Menurut Menpora, Glenn akan masuk sebagai manajer kurikulum program pengembangan pemain usia muda yang juga menjadi fokus PSSI.

“Sebagai pertimbangan untuk Ezra karena prestasi gemilangnya di Tim Akademi Ajax Amsterdam dan diperlukan untuk saat ini mengisi Timnas Indonesia untuk kejuaraan regional dan internasional. Adapun untuk Glenn karena sebagai pelatih pribadinya sekalgus ayahnya serta telah sepakat keduanya membela merah putih serta diperlukan keilmuannya untuk masuk menjadi manejer Kurikulum program pengembangan usia muda,” kata Menpora.

Ezra Walian lahir di Amsterdam, Belanda pada 22 Oktober 1997. Dia mulai bergabung bersama Timnas Belanda U-15 pada 2012/2013 sebelum tampil bersama Timnas Belanda U-18 pada 2016.