Rian Kapten Termuda Persebaya

Rachmat Rian Irianto dipercaya menjadi kapten PersebayaRachmat Irianto tak akan pernah melupakan laga melawan PSIS Semarang Minggu (12/3). Pasalnya, dalam laga uji coba tersebut, dia dipercaya menjadi kapten Persebaya. Dengan usia yang masih menginjak 17 tahun, Rian –sapaan akrab Rachmat– kini tercatat sebagai kapten termuda Persebaya.

Capaian itu melewati prestasi sang ayah, Bejo Sugiantoro, yang menjadi kapten tim saat berusia 21 tahun. Namun, sejarah manis tersebut ternoda oleh gol yang dilesakkan M. Yunus pada menit ke-87. Rian pun menyesali lahirnya gol penentu kemenangan PSIS itu.

’’Getun banget. Waktu hanya tinggal 5 menit, tapi kami harus kebobolan,’’ keluh Rian. Dia menyesal karena tak bisa menghadirkan kemenangan pada debutnya sebagai kapten.

Pelatih Iwan Setiawan pun bisa memahami kepedihan Rian. Dia sempat menghibur Rian saat berada di kamar ganti. Pelatih asal Medan tersebut juga memuji koordinasi lini pertahanan Persebaya yang rapi meski akhirnya kebobolan pada menit-menit akhir. ’’Koordinasi dan komunikasinya lebih rapi,’’ kata Iwan.

Lalu, mengapa memilih Rian sebagai kapten tim? ’’Dia (Rian) punya ketenangan di lini belakang. Selain itu, Rian sangat komunikatif,’’ jelas Iwan.

Bek kiri M. Irvan sependapat dengan Iwan. Menurut dia, kepemimpinan Rian di lini belakang sangat bagus. ’’Saya sudah lama bergabung bersama Indonesia Muda (IM) dan setim dengan Rian. Dia calon stoper dan kapten andal,’’ ungkap pemain yang akrab disapa Ambon itu.

Bejo pun mengomentari debut anaknya sebagai kapten. Pria yang kini menjadi asisten pelatih di Persik Kediri itu terharu setelah mengetahui via akun resmi Instagram Persebaya bahwa Rian menjadi kapten. Bejo berharap Rian terus meningkatkan kemampuannya.

’’Memang tidak mudah debut kapten di laga away apalagi di kandang PSIS,’’ ujar Bejo. ’’Ini adalah pelecut bagus bagi Rian untuk tetap rendah hati. Sebab, pujian adalah racun yang mematikan kalau sampai terlena,’’ imbuhnya. (io/c5/bas)

loading...