Kemenpora Serahkan Daftar Nama Calon Pemain Timnas U-16

Kemenpora Serahkan Daftar Nama Calon Pemain Timnas U-16Pelatih tim nasional (timnas U-16) Fakhri Husaini siang tadi menyambangi Kemenpora. Selain bersilaturahmi, pada kesempatan itu Fakhri juga menerima daftar nama pemain hasil talent scouting Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2016.

Data para pemain itu diserahkan langsung oleh Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora, Arifin Madjid. Ada 30 nama pemain kelahiran tahun 2002 yang berasal dari Aceh, Jambi, Banten, DKI, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Timur, hingga Sulawesi Selatan.

“Ke-30 nama itu disaring dari sekitar 200 nama hasil talent scouting kami tahun lalu. Kami sengaja hanya menyerahkan pemain kelahiran 2002 sesuai kebutuhan timnas U-16. Yang kelahiran tahun 2001 kami siapkan untuk event internasional yang sudah kami agendakan,” ungkap Arifin Madjid.

Pada kesempatan itu, Fakhri juga diundang menghadiri sekaligus blusukan di Liga Pelajar U-16 tahun 2017 yang akan dimulai April mendatang. “Tahun ini mayoritas pemainnya kelahiran 2002. Sehingga coach Fakhri punya pilihan lebih banyak,” kata Ketua Panpel Nasional Liga Pelajar U-16, Mohamad Kusnaeni.

Fakhri menyambut baik ajakan tersebut. Meski diakuinya ia berkejaran dengan waktu karena bulan Mei sudah harus mendapatkan 40 nama kandidat pemain Timnas U-16.

“Yang jelas daftar nama dari Kemenpora ini sangat membantu. Mengurangi sekitar 50 persen dari rencana penjaringan pemain yang saya agendakan,” mantan gelandang timnas itu mengungkapkan. “Nantinya pemain dari Liga Pelajar U-16 akan saya gabungkan dengan data hasil pemantauan saya di Liga TopSkor, Liga Kompas Gramedia, dan lain-lain.”