Ini Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Percontohan NDRC

Ini Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Percontohan NDRCFIFA membeberkan alasan mengapa menunjuk Indonesia sebagai salah satu proyek National Dispute Resolution Chamber (NDRC) atau tempat penyelesaian sengketa. Indonesia ditunjuk karena PSSI punya semangat dalam menangani permasalahan sengketa.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang ditunjuk dalam proyek NDRC. Masih ada tiga negara lainnya yakni Malaysia, Kosta Rika, dan satu lagi akan ditentukan secepatnya oleh FIFA.

Alasan penunjukan Indonesia dalam proyek NDRC akhirnya dipaparkan oleh Head of the Professional Football Department FIFA, James Johnson. Negara ini dipilih lantaran PSSI punya semangat besar untuk menuntaskan beragam masalah terkait sengketa sepakbola di Tanah Air.

“FIFA bersama PSSI, FIFPro, dan asosiasi pemain (APPI), ingin mencapai level yang profesional dalam menyelesaikan sengketa,” ujar James Johnson, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

“Harus ada sistem yang efektif dalam menangani sengketa, salah satunya dengan dibentuknya NDRC. Itu semua demi terciptanya pemain yang profesional dan klub yang profesional,” sambungnya.

Hal serupa juga diutarakan Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Pria yang akrab disapa Jokdri ini menegaskan PSSI ingin menjadi lebih profesional dalam menangani sengketa yang sering muncul dalam kontrak pemain, maupun hubungan antar klub terkait kontrak pemain.

“PSSI berharap melalui NDRC Indonesia nanti bisa tercipta sinergi antara klub dan pemain dalam menyelesaikan sengketa bila terjadi. Kalau itu semua berjalan, maka industri sepak bola akan tumbuh dengan sendirinya,” tuturnya. (fit/asa)