PSSI Diberikan Dana Rp533 Juta Untuk Dirikan NDRC

PSSI Diberikan Dana Rp533 Juta Untuk Dirikan NDRC

Indonesia mendapatkan kesempatan menjadi negara percontohan dari FIFA untuk National Dispute Resolution Chamber (NDRC) atau Ruang Nasional Penyelesaian Sengketa. Nantinya, masalah sepakbola yang terjadi di Indonesia akan diselesaikan di badan tersebut.

Kesepakatan ini terjadi setelah FIFA melakukan pertemuan dengan PSSI, Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI), dan asosiasi pemain internasional (FIFPro). Pertemuan ini berlangsung selama dua hari di Tanah Air.

NDRC merupakan pengadilan arbitrase independen yang dibentuk oleh Member Association untuk menanggulangi sengketa yang terjadi antara klub dan pemain. Selain Indonesia ada tiga negara lainnya yang sudah menjadi percontohan NDRC yakni Kosta Rika, Malaysia dan satu lagi masih dicari negaranya.

Ditargetkan NDRC tersebut akan selesai pada November mendatang. Untuk membentuk NDRC, FIFA memberikan bantuan dana sebesar 40 ribu dolar AS atau sekitar Rp533 juta.

“Ada tiga hal yang nantinya menjadi basis sengketa untuk diselesaikan NDRC Indonesia. Ketiga hal itu adalah kontrak pemain, kompensasi kepelatihan, dan solidaritas klub,” kata wakil ketua umum PSSI, Joko Driyono id Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (10/2).

“Bantuan dari FIFA itu nantinya untuk menggelar seminar, mengundang ahli, menyusun draf atau regulasi NDRC, dan lain-lain,” ia menambahkan.