Pemerintah Siap Lanjutkan Program Satu Desa Satu Lapangan

imam-nahrawi_5faec0cMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan komitmen pemerintah untuk mengembangkan sepakbola Indonesia. Salah satu upaya pemerintah, menurut Menpora, adalah melanjutkan program satu desa satu lapangan.

Dalam kunjungannya ke ASIFA (Aji Santoso International Football Academy), Minggu (05/02) menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendorong kemajuan sepakbola. Salah satunya, adalah dengan memperbanyak lapangan sebagai persemaian bibit-bibit pesepakbola Indonesia.

“Sejak 2015 sampai 2017 ini, kami masih fokus melakukan revitalisasi lapangan di desa,” ujar Imam Nahrawi.

“Fondasi sepakbola harus dibangun dari kampung-kampung dan desa-desa. Ini sebagai pemasalan atau pembudayaan terhadap sepakbola dan olahraga-olahraga lainnya,” sambungnya.

Menpora melanjutkan, pada 2018 pemerintah akan mengupayakan revitalisasi dalam APBN. Mereka akan memasukkan anggaran ini melalui Alokasi Dana Desa (ADD).

“Pada 2018, dana desa akan naik jadi dua kali lipat. Saya kira, jika itu dialokasikan untuk revitalisasi lapangan desa, akan banyak lapangan terbangun,” tuturnya.

Lebih lanjut, Imam menyebut bahwa pemerintah juga akan menggandeng sejumlah BUMN. Namun, kerjasama ini bakal dipergunakan untuk membangun lapangan-lapangan dengan standar internasional.

“Ini akan kita upayakan untuk ada di kota-kota dan kabupaten-kabupaten,” tutupnya. (den/asa