Sempat Mengklaim Akan Menaturalisasi Andik Vermansah, Ini Klarifikasi Klub Malaysia

Agen Andik Vermansah Belum Dengar Kabar Pencoretan

Selangor FA akhirnya mengeluarkan klarifikasi mengenai status kewarganegaraan Andik Vermansah. Sebelumnya, fans Indonesia dibuat geger karena klub asal Malaysia itu mengklaim bakal membuat Andik menjadi warga negara Malaysia, Kamis (02/02/17).

Klaim tersebut bermula saat akun Instagram @selangorfans_official mengunggah lima foto pemain asing. Dalam foto tersebut, terselip sosok Andik di antara pemain lainnya.

Ratusan komentar bermunculan dari fans Selangor, dan salah satu yang menyita perhatian adalah komentar dari akun @harimaumalaya.my. Ia mengatakan jika Andik bakal diupayakan menjadi warga negara Malaysia.

“Andik bakal memperoleh warga negara Malaysia untuk mengisi slot pasukan Selangor,” katanya, sebagaimana dikutip INDOSPORT dari Instagram @selangorfans_official.

Tentu saja hal ini membuat suporter Indonesia marah. Tak pelak, akun tersebut dihujani cacian dan makian karena dengan sembarangan mengklaim jika Andik akan memperkuat skuat Negeri Jiran.

Tidak ingin situasi semakin memanas, administrator akun @selangorfans_official akhirnya membuat klarifikasi. Mereka berjanji akan memblokir orang-orang yang berupaya memanaskan keadaan dengan melakukan provokasi.

“Assalamualaikum dan selamat malam untuk followers yang terhormat. Kami mengakui ada satu pengguna Instagram dari Malaysia dengan niat bercanda memberikan komentar di salah satu status kami,” tulis admin di posting-an klarifikasi tersebut.

“Atas dasar tanggung jawab, kami minta maaf meski bukan kami yang menyulut perkara yang membuat fans dari Indonesia tidak bisa menerimanya. Tujuan fanpage ini adalah memberikan info tentang tim, pemain, dan fans Selangor. Salam damai untuk semua.”

Terlepas dari hal tersebut, kemungkinan untuk Andik membela Tim Nasional (Timnas) Malaysia sangat kecil dan bisa dibilang tidak mungkin. Sebab, aturan dari FIFA menyebut jika seorang pemain sudah membela sebuah Timnas senior suatu negara, maka ia tidak bisa memperkuat Timnas lain.