11 Pemain Muda Bukti Transformasi Arema di Tangan Aji Santoso

aji-santoso-akui-tertarik-ingin-datangkan-purwaka-yudiDari tim bertabur bintang menjadi young guns. Ya, itulah yang kini terjadi di Arema FC. Boleh dibilang, image Arema turun kelas karena menjelang musim 2017, banyakpemain bintang lepas dan diganti dengan pemain belia.

Hal ini menjadi perjudian besar bagi manajemen dan pelatih Arema karena harapan Aremania selalu tinggi kepada tim Singo Edan, yakni menginginkan gelar juara dalam setiap ajang yang diikuti.

Namun, konsep young guns Arema sebenarnya tidak direncanakan. Pada awal pelatih Aji Santoso bergabung, 80 persen pemain lama dipertahankan. Hanya ada empat pemain yang tak diperpanjang, yaitu Nick Kalmar, Goran Gancev, Okto Maniani, dan Febri Hamzah.

Seiring berjalannya waktu, peraturan liga musim ini, di mana klub harus mengontrak lima pemain U-23 membawa perubahan di Arema. Sebab, tiga di antara pemain muda itu wajib jadi starter.

Saat ini Arema punya 11 pemain U-23. Jumlah itu hampir separuh dari kebutuhan total 26 pemain. “Kami merasa dilema. Kalau mencari pemain timnas U-23, nantinya juga tidak bisa dipakai karena mengikuti pemusatan latihan timnas jangka panjang,” kata General Manager Arema Ruddy Widodo.

Itu sebabnya, Singo Edan kini memiliki tiga pemain dari timnas U-19, yakni Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi, dan M. Rafli. Ketiganya sudah dapat rekomendasi dari pelatih Aji Santoso untuk dikontrak. Sebenarnya masih ada satu pemain sayap muda lainnya, Saddil Ramdani. Namun pemain asal Sulawesi Tenggara itu disarankan Aji bertahan di Persela Lamongan.

“Sekarang komposisi tim jadi perpaduan pemain muda dan senior. Nantinya kami harapkan bisa membuat permainan Arema lebih bertenaga,” jawab Aji.

Dari segi stamina memang pemain muda punya kelebihan. Namun persoalan mental bisa jadi mereka menurun ketika melawan tim yang punya komposisi banyak pemain senior.

“Kami teringat Arema saat dilatih Bambang Nurdiansyah (2008). Waktu itu banyak pemain muda bergabung seperti Ahmad Juprianto, Bustomi, dan yang lainnya. Tapi hanya beberapa pertandingan awal, Banur harus mundur,” kata Awang, Aremania Korwil Kanjuruhan.

Pada waktu itu, Arema justru memetik kemenangan dalam dua laga tandang. Tapi begitu main di kandang sendiri justru sulit menang. Sebab, para pemain muda masih tegang ketika bermain di depan publik sendiri.

Dengan perubahan drastis ini, Arema mendapat tantangan baru. Aji Santoso tentu lebih berpengalaman menangani pemain muda dan diharapkan membawa perubahan yang berujung positif bagi tim kebanggaan Aremania.

Daftar Pemain Muda Arema FC 2017:

Utam Rusdiana (21)
Ahmad Ibnu Adam (19)
Ryuji Utomo (21)
Bagas Adi Nugroho (19)
Junda Irawan (21)
Dio Permana (22)
Dedik Setiawan (22)
Hanif Sjahbandi (19)
Adam Alis (23)
M Rafli (18)
Cristovel Sibi (23)

loading...