Lisensi Alfredo Vera Bermasalah, Persipura Kudu Cari Pelatih Baru

Angel Alfredo Vera Siapkan Pengganti Bio PaulinMasa depan Angel Alfredo Vera di Persipura Jayapura terancam. Lisensi kepelatihan nakhoda asal Argentina tersebut tidak memenuhi standar yang patok PSSI.

PSSI membuat regulasi pelatih yang menangani klub-klub kasta tertinggi minimal harus A AFC atau sederajat dengannya. Lisensi yang dikantungi Alfredo Vera dari negaranya tidak memenuhi standar tersebut.

“Saya sudah bolak balik PSSI untuk mengecek lisensi saya, tetapi mereka bilang bahwa lisensi saya tidak bisa digunakan, hanya lisensi A AFC. Padahal AFC dan Conmebol kan sama-sama di bawah FIFA,” tutur Alfredo Vera pada salah satu media lokal harianpapua.

Kasus yang menimpa Alfredo Vera hampir mirip dengan Luciano Leandro. Arsitek asal Brasil tersebut gagal melatih PSMS Medan karena lisensi kepelatihannya dianggap tidak layak oleh PSSI. Lisensi yang dimiliki oleh Luciano hanya selevel B AFC.

Jacksen F. Tiago, pelatih asal Brasil yang malang melintang di Indonesia menyebut bahwa lisensi kepelatihan di kawasan Amerika Latin dikeluarkan oleh masing-masing negara.

“Sistemnya beda-beda, tapi standarisasinya mengacu ke FIFA. Ada tingkatannya tergantung masing-masing pelatih sudah ikut latihan sampai level mana,” ungkap pelatih yang baru-baru ini mudik ke negaranya untuk menimba ilmu kepelatihan dari Federasi Sepak Bola Brasil (CBF).

Manajemen Persipura bersiap jika skenario paling buruk terjadi pada Alfredo Vera tetap tidak diperbolehkan menangani Tim Mutiara Hitam pada musim 2017.

Bocorannya Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, menyiapkan sosok pelatih lokal Chris Yarangga, yang sebelumnya menjadi asisten Angel Alfredo Vera. Walau memang petinggi Tim Mutiara Hitam tetap berharap Alfredo Vera menukangi Boaz Solossa dkk.

“Kalau soal pelatih kami masih cocok dengan yang sekarang,”ungkap Benhur Tommy Mano.

Para pemain juga merasa nyaman dengan style melatih Angel Alfredo Vera yang sukses mengantarkan Persipura Jayapura sebagai juara Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. “Coach Alfredo, cukup mengerti dengan kelebihan dan kekurangan pemain Persipura saat ini,” ucap Boaz, yang berstatus kapten Persipura. (bola.com)