Aksi Bonek Geruduk Bandung Terancam, Ini Kata Andie Peci

Andi Peci Harap Menpora Tak Gegabah Cabut SK Pembekuan PSSIRencana Bonekmania, suporter fanatik Persebaya menggelar aksi ‘Gruduk Bandung’ tampaknya sulit terwujud. Pasalnya, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi, mengancam akan mencoret tim Persebaya Surabaya jika aksi tersebut dilakukan.

“Jika Bonek tetap ke Bandung, maka Persebaya akan saya coret,” tegas Panglima Kostrad itu di depan puluhan perwakilan Bonek saat berdialog di salah satu kantor media di Surabaya, Rabu (28/12/2016).

Edy meminta Bonek berubah sebagai suporter dalam mendukung timnya. Ia berharap Bonek memberikan kebanggaan terhadap Surabaya, bukan sebaliknya mencoreng nama Surabaya.

“Kami paham betul suporter fanatik akan sakit hati kalau tim kebanggaannya disakiti. Tetapi saya ingatkan agar Bonek patuh pada peraturan, jika tidak maka akan saya libas,” jelasnya.
Baca juga: Bonek akan Gelar Aksi ‘Gruduk Bandung’ pada Kongres PSSI 2017

Menanggapi ancaman tersebut, Koordinator sekaligus Jubir Bonek, Andie Peci, mengaku masih akan melobi Ketum PSSI Edy Rahmayadi. Sebab, kata dia, ribuan Bonek sudah mengantongi tiket kereta dan bus siap berangkat ke Bandung.

“Kita tunggu perkembangan beberapa hari ke depan. Karena kami masih akan melobi Ketua Umum PSSI,” kata Andie.

Pada Senin 26 Desember 2016 lalu, ribuan Bonekmania menggelar aksi Parade Bela Persebaya Surabaya di Monumen Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur. Mereka menggelar longmarch mulai dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Balaikota, Jalan Wali Kota Mustajab.

Tujuan utama aksi yaitu mendesak PSSI memasukkan klub kebanggaannya, yakni Bajul Ijo dalam kompetisi domestik musim depan. Aksi itu merupakan rangkaian kegiatan yang juga pernah dilakukan sebelum Kongres PSSI. Mereka memang diketahui setia memperjuangkan eksistensi Persebaya sejak 2013 silam.

Andie menjelaskan, rangkaian aksi itu sengaja dilakukan untuk merapatkan barisan menjelang acara Kongres Tahunan PSSI. Semangat Bonek membela Persebaya, disebutkannya bakal semakin menguat menjelang Kongres PSSI pada 8 Januari 2017 di Bandung mendatang.

“Ribuan Bonekmania siap hijaukan Bandung. Kami hanya ingin mendesak dan meminta PSSI memasukkan Persebaya pada saat Kongres di Bandung nanti. Pesan kami sederhana, persoalan sepak bola nasional tidak akan selesai jika Persebaya tidak selesai,” kata Andie. (metrotvnews)