Tetap di AFC MA Ranking, Indonesia Dapat 2 Slot Kompetisi AFC?

afcIndonesia tetap menempati peringkat ke-21 dalam AFC Member Associations (MA) Ranking. Itu sesuai rilis per 27 November 2016.

Rilis peringkat negara anggota terbaru dikeluarkan oleh AFC menyusul rampung dua event, yang dimiliki. Kedua event itu, Liga Champion Asia dan Piala AFC 2016.

Piala AFC 2016 selesai lebih dulu pada 5 November, di mana klub Irak, Al Quwa Al Jawiya tampil sebagai juara. Adapun Liga Champion Asia 2016 rampung pada 26 November, di mana klub Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors meraih titel juara.

Indonesia berada di peringkat ke-21 dengan total 20.372 poin. Poin untuk Indonesia, termasuk negara anggota berdasarkan perhitungan atau akumulasi poin dari klub yang tampil di kompetisi AFC (bobot 70 persen) dan tim nasional di ranking FIFA (bobot 30 persen).

Di AFC MA Ranking 27 November, Indonesia masih kalah baik dari tiga negara Asia Tenggara yaitu Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Ketiga negara Asia Tenggara itu masing-masing berada di peringkat ke-12 dengan 34.753 poin, ke-16 dengan 29.273 poin, dan ke-17 dengan 28.865 poin.

Indonesia lebih baik dari Myanmar, Filipina, Singapura, yang masing-masing berada di posisi ke-24, 25, dan 27.

Sementara itu, Korea Selatan menjadi negara anggota AFC terbaik dengan mengumpulkan 96.311 poin. Menyusul kemudian UEA (2), Arab Saudi (3), Iran (4), Qatar (5), Jepang (6), China (7), Australia (8), Uzbekistan (9), Irak (10), Kuwait (11) (dihukum).

Rilis per 27 November ini menjadi rilis yang dipergunakan untuk menentukan slot di kompetisi AFC 2017.

Dalam pembagian slot, AFC membagi asosiasi anggota sesuai keberadaan ke dua zona, yaitu Barat dan Timur. Zona Barat diisi negara Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan kecuali India dan Maladewa. Sementara Zona Timur diisi negara ASEAN, Asia Timur ditambah India dan Maladewa.

Korea Selatan yang berperingkat terbaik di AFC MA Ranking pun masuk dalam zona Timur. Di zona timur, Korea Selatan menjadi nomor 1. Disusul Jepang, China, Australia, Thailand. Adapun di zona barat, UEA menjadi nomor 1 disusul Arab Saudi, Iran, Qatar, Uzbekistan, Irak.

Sementara Indonesia yang masuk zona timur, berada di peringkat ke-10. Dalam alokasi slot Liga Champion Asia, Indonesia tercatat masuk dalam peringkat 7-12. Peringkat 7-12 mendapat satu slot play-off Liga Champion Asia, namun, Indonesia tampaknya tak kebagian.

Sedangkan dalam alokasi slot Piala AFC, Indonesia ada dalam peringkat 9-12, yang mendapat slot langsung penyisihan Grup dan satu slot play-off.

CEO PT Liga Indonesia yang kini menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, Joko Driyono sempat membenarkan bahwa AFC MA Ranking menjadi patokan slot di kompetisi AFC. Itu di samping Komite Kompetisi AFC.

Sementara itu, AFC dilaporkan baru akan memberikan konfirmasi klub yang berpartisipasi di Liga Champion Asia dan Piala AFC 2017 pada Desember 2016. Ini sesuai alokasi slot yang dibuat Komite Kompetisi AFC.