Tanggapan Pemkab Bogor soal Pemilihan Stadion Pakansari

tanggapan-pemkab-bogor-soal-pemilihan-stadion-pakansariStadion Pakansari, yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor, mendapat kepercayaan sebagai pilihan utama penyelenggaraan laga semifinal sepak bola Piala AFF 2016 antara tim nasional Indonesia dan Vietnam, Sabtu (3/12/2016).

Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bogor pun menyambut baik rencana tersebut. Meski begitu, Bupati Nurhayanti mengaku masih mempertimbangkan permintaan itu.

Nurhayanti mengatakan, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta agar selama dua hari jelang pertandingan tidak ada kegiatan proyek di sekitar Stadion Pakansari yang saat ini dalam proses penyelesaian.

Terkait permintaan tersebut, dirinya akan berkoordinasi dengan pelaksana proyek.

“Memang benar, Sekjen PSSI sempat menemui kami yang diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor. Prinsipnya, Pemkab Bogor siap dan mendukung penuh kegiatan yang menyangkut kepentingan nasional,” ucap Nurhayanti, Selasa (29/11/2016).

Nurhayanti menjelaskan, penghentian sementara proyek penyelesaian Stadion Pakansari jelang pertandingan tersebut menyangkut program yang harus selesai tahun ini. Sebab, pelaksana proyek juga mengejar target untuk selesai tepat waktu.

“Hal ini harus dikomunikasikan. Sementara itu, pihak AFF meminta sebelum pertandingan dan Hari H-nya kegiatan harus berhenti dulu,” kata Nurhayanti.

Sekda Kab. Bogor Adang Suptandar, mengatakan, dari hasil pertemuannya dengan PSSI dan panitia pelaksana AFF, sempat dibahas soal fasilitas penunjang untuk pemain, penonton, dan infrastruktur pendukung lainnya.

“Permintaan PSSI dan AFF agar dua hari tidak ada kegiatan itu dibutuhkan koordinasi lebih lanjut dengan pelaksana proyek. Karena bagaimanapun, kami memahami pelaksana proyek sedang mengejar target kegiatan yang harus selesai akhir tahun ini,” jelas Adang.

Lebih lanjut, Pemkab Bogor mengaku bangga dan sangat mendukung penuh jika PSSI merekomendasikan Stadion Pakansari menjadi lokasi semifinal piala AFF.

“Lagipula, proyek pembangunan saat ini masih berlangsung dan harus selesai akhir tahun itu hanya area parkir, taman, dan pagar. Jadi, dipastikan tidak akan mengganggu pertandingan,” tutur dia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor Yusuf Sadeli menambahkan, pihaknya optimistis dapat menjadi tuan rumah yang baik karena sudah cukup berpengalaman menggelar ajang bergengsi seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan TSC.

“Stadion Pakansari siap menjadi lokasi pertandingan nanti, tetapi ya kondisinya seperti ini (masih ada pembangunan dan renovasi, red),” tambah dia.