Penjebol Gawang Indonesia Absen Di Leg Pertama

vu-minh-tuanVietnam dipastikan tidak diperkuat gelandang Vu Minh Tuan saat melakoni leg pertama semi-final AFF Suzuki Cup 2016 melawan Indonesia di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12) malam WIB.

Dengan demikian, Vietnam dipastikan tanpa dua pilar saat dijamu Indonesia. Sebelumnya, Vietnam sudah kehilangan bek Truong Dinh Luat yang diganjar kartu merah ketika melawan Kamboja di laga terakhir Grup B.

Berdasarkan rilis federasi sepakbola Vietnam (VFF), Minh Tuan terpaksa pulang kampung, karena kesehatan ayahnya makin memburuk. Namun Minh Tuan akan kembali bergabung dengan tim di Hanoi satu hari setelah pertandingan.

VFF menyebutkan, memburuknya kondisi ayah Minh Tuan sudah dimulai sejak AFF Suzuki Cup 2016 digulirkan. Kendati demikian, pemain berusia 26 tahun itu tetap mampu memperlihatkan konsentrasi tinggi. Bahkan, Minh Tuan sempat menyatakan ingin mencetak gol agar ayahnya gembira, dan bisa sembuh.

“Gelandang Vu Minh Tuan tidak akan ikut bersama tim ke Indonesia untuk pertandingan leg pertama AFF Suzuki Cup 2016, karena harus pulang ke rumah untuk merawat ayahnya yang kondisi kesehatannya makin memburuk,” demikian pernyataan VFF melalui laman resmi mereka.

Minh Tuan merupakan pencetak gol kedua Vietnam ketika bermain imbang 2-2 melawan Indonesia dalam pertandingan persahabatan di Sleman pada awal Oktober lalu. Saat itu, Minh Tuan membawa Vietnam unggul 2-0 setelah delapan menit sebelumnya Le Van Thang menjebol gawang kiper Andritany Ardhiyasa.

Sebelum bertolak ke Indonesia, jajaran pelatih Vietnam bersama direktur teknik Juergen Gede menganalisa permainan Indonesia di tiga laga Grup A. VFF memang telah mengutus Gede untuk memantau seluruh pertandingan di Grup A untuk mengumpulkan data Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Singapura.