Pemutihan di Semifinal, Tiga Pemain Timnas Indonesia Aman

timnasTimnas Indonesia bersiap menghadapi semifinal Piala AFF 2016 leg pertama. Skuat arahan Alfred Riedl akan menjamu Vietnam di Stadion Pakansari Cibinong, Sabtu (3/12/2016).

Seperti diketahui, Timnas Indonesia tanpa diperkuat dua bek andalan pada semifinal. Mereka adalah Rudolof Yanto Basna dan Fahcrudin Aryanto yang absen lantaran mendapat dua kartu kuning pada laga fase grup.

Selebihnya, semifinal Piala AFF 2016 memberlakukan pemutihan kartu kuning yang didapat pemain pada fase grup lalu.

Artinya, setiap pemain yang sebelumnya mendapat satu kartu kuning di fase grup, tidak dihitung lagi atau diakumulasi pada semifinal nanti.

Hal ini berdasarkan regulasi Piala AFF 2016. Dalam artikel 15 tentang peringatan dan pengusiran pemain disebutkan: “Setiap pemain yang berpartisipasi yang melalui fase grup yang mendapat satu (1) kartu peringatan (kuning) tak akan diberlakukan lagi peringatan itu di semifinal.”

Dengan demikian, tiga pemain andalan Timnas Indonesia aman dari ancaman akumulasi kartu kuning pada leg pertama dan kedua semifinal.

Mereka adalah Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, dan Evan Dimas yang masing-masing sudah mendapatkan kartu kuning pada laga fase grup.

Boaz didera kartu kuning saat Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Singapura 2-1 pada laga terakhir Grup A.

Sementara Evan dan Lilipaly mendapatkan satu kartu kuning ketika Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Filipina.

Masing-masing satu kartu kuning tersebut pun dianggap tidak dihitung lagi di semifinal. Artinya, mereka masih tetap bisa main di semifinal leg kedua seandainya pada leg pertama mendapat kartu kuning.

Namun, itu tidak berlaku bagi pemain yang mendapatkan kartu merah pada leg pertama semifinal nanti. Pemain yang bersangkutan tentu tak akan bisa tampil pda leg kedua. (kun)