Kontrak Irfan Bachdim di Consadole Sapporo Tidak Diperpanjang

Irfan Bachdim Yakin Indonesia Bisa Bicara di Grup A Piala AFFKebersamaan Irfan Bachdim dengan klub Jepang, Consadole Sapporo, berakhir. Striker blasteran Indonesia-Belanda tersebut mengumumkan perpisahannya di akun Instagram pribadinya pada Selasa (29/11/2016).

“Bye Bye Sapporo! Setelah dua musim yang menyenangkan di Hokkaido Consadole Sapporo ini saatnya saya mengucapkan salam perpisahan. Saya ingin berterimakasih dengan klub dan suporter, buat masa-masa menyenangkan dan musim tidak terlupakan yang berujung kami menjadi juara.

Saya menikmati waktu-waktu bersama klub dan banyak berkembang sebagai seorang pemain. Saya berharap sukses di J-League 1 musim depan,” tulis Irfan Bachdim di Instagramnya setelah diterjemahkan oleh Bola.com.

Irfan bermain Consadole Sapporo selama dua musim setelah sebelumnya sempat berkiprah di klub Jepang lainnya, Venforet Kofu selama setahun. Kala itu kepindahannya karena alasan kurangnya jam terbang bermain.

Namun, di klub yang berkompetisi di J-League 2 ia juga kesulitan menembus skuat inti. Selama dua musim ia tercatat hanya tujuh kali mencicipi lapangan. Pada musim 2016 ini Irfan bahkan hanya dua kali bermain. Irfan memulai petualangan di J-League pada awal tahun 2014, setelah mendapat kesempatan trial dari administrator kompetisi.

Pengelola Liga Jepang tengah menggeber perluasan pasar penggemar ke kawasan Asia Tenggara, dengan memberi kesempatan kepada pemain-pemain berbakat dari Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Irfan yang didikan Akademi Ajax Amsterdam ikut ambil bagian dalam program ini.

Selama setahun pada 2014 sempat mencicipi atmosfer kompetisi Thailand bersama Pattaya City dan Chonbury.

Pemain kelahiran 11 Agustus 1988 tersebut memilih keluar Indonesia, karena kecewa dengan konflik sepak bola nasional, yang berujung pada permasalahan pembayaran gaji di Persema Malang pada musim 2012.

Sang pemain awalnya masuk proyeksi skuat into Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Sayang sepekan jelang turnamen berlangsung ia dihantam cedera retak tulang fibula. Ia menjalani proses penyembuhan cedera di Jepang.

Irfan Bachdim sendiri diprediksi tidak akan lama menganggur, sejumlah klub elite Tanah Air kepincut meminangnya. Manajer Persib Bandung, umuh Muchtar, sempat blakblakan menyatakan ketertarikan menggaetnya, setelah melihat penampilan memesona Irfan di sejumlah laga uji coba Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2016.