Game MM Bola Tangkas Online Indonesia

Militansi Vietkong Bakal Sulitkan Timnas Indonesia

andik-vermansyah-anggap-vietnam-lebih-bagus-dari-malaysia menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Hasilnya, penampilan mereka pun nyaris sempurna di Piala AFF 2016. Kekuatan Vietnam pun menjadi ancaman besar untuk Timnas Indonesia.

Sebelum Piala AFF 2016 bergulir, Vietnam yang dilatih Nguyen Huu Thang menjalani tujuh pertandingan uji coba sejak Mei 2015. Hebatnya, tak satu pun kekalahan yang didapat Vietnam. Bahkan, mereka sempat menciptakan kemenangan sensasional.

Adalah Korea Utara, kontestan Piala Dunia 2010, yang menjadi korban keganasan Vietnam, Di Thong Nhat Stadium, 6 Oktober 2016, Vietnam dipecundangi Korut 5-2. Tak heran jika tim berjuluk The Golden Stars itu bisa dengan mudah melewati persaingan di Grup B.

Kemenangan 2-1 atas Myanmar, 1-0 atas Malaysia, dan 2-1 atas Kamboja memuluskan langkah Vietnam ke semifinal. Kini, mereka akan menghadapi Timnas Indonesia dalam sistem laga kandang-tandang pada 3 dan 7 Desember 2016.

“Vietnam jauh lebih disiplin. Mereka juga punya kecepatan. Militansi mereka seperti Vietkong saat perang dengan Amerika. Mereka bermain pantang menyerah. Untuk Timnas Indonesia, kita memiliki kualitas di lini depan,” ujar Danurwindo yang juga mantan pelatih Timnas Indonesia, saat dihubungi Liputan6.com.

Menurut pria yang juga akrab disapa Danur itu, masih banyak hal yang harus dibenahi skuat Merah Putih sebelum bertemu Vietnam. Salah satu hal yang disorot Danur adalah pertahanan. Dari tiga laga Grup A, gawang Timnas Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga kebobolan tujuh gol.

“Bertahan jangan hanya mengandalkan satu atau dua pemain. Semua pemain, termasuk dari penyerang, harus ikut terlibat. Ingat, pertahanan harus dimulai dari lini depan,” tegas Danur.

Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand pada laga Piala AFF 2016. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Tak hanya itu, Danur juga meminta agar para pemain Timnas Indonesia mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang tak diperlukan di area sendiri. Lalu, Timnas Indonesia diharapkan bisa memanfaatkan laga kandang untuk meraih kemenangan.

“Stadion yang penuh akan menjadi keuntungan. Itu bisa meningkatkan semangat dan motivasi. Ingat, Vietnam adalah tim yang lebih baik dari Filipina dan Singapura,” ucapnya.