Ini Rekor Timnas Indonesia Ketika Lolos Semifinal Piala AFF

timnasTimnas Indonesia akhirnya sukses mengejutkan banyak pihak. Lolos dari lubang jarum, pasukan Garuda berhasil terbang ke semifinal Piala AFF 2016. Indonesia sendiri punya rekor yang bisa diperhitungkan ketika lolos ke semifinal.

Pada laga empat besar nanti, pasukan Alfred Riedl ini bakal jumpat Vietnam yang memuncaki klasemen Grup B. Keduanya bakal mulai bersua 3 Desember 2016 mendatang dan Indonesia terlebih dahulu jadi tuan rumah.

Baru, empat hari kemudian, pasukan Garuda akan bertandang ke Vietnam. Mereka bakal menjalani hidup-mati di Hanoi, 7 Desember 2016.

Melihat keikutsertaan di Piala AFF, Indonesia terbilang cukup sering lolos ke fase empat besar. Tercatat, dari 10 pagelaran pesta akbar sepak bola se-ASEAN ini, Indonesia sudah tujuh kali lolos ke semifinal.

Akan tetapi, dari tujuh kesempatan, Garuda hanya mampu empat kali lolos ke partai puncak. Uniknya, sejak pertama kali sistem home-away diberlakukan di semifinal, Indonesia hanya sekali saja tersingkir.

Itu terjadi saat melawan Thailand pada Piala AFF 2008 silam. Saat itu, Indonesia memang sudah kalah 0-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kemudian Thailand melengkapi keberhasilannya saat mengalahkan Indonesia 2-1 di Bangkok. Sehingga kala itu Indonesia kalah agregat 3-1 dari Thailand.

Sementara dua kesempatan lainnya, Skuat Garuda sukses lolos ke final saat sistem kandang-tandang ini. Pertama pada 2004 menang agregat 5-3 atas Malaysia, kemudian di 2010 lalu, saat unggul 2-0 secara agregat dari Filipina.

Berikut catatan perjalanan Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF:

Piala AFF 1996: kalah 1-3 dari Malaysia dan hanya juara empat setelah takluk 2-3 melawan Vietnam di perebutan juara ketiga.

Piala AFF 1998: kalah 1-2 di semifinal lawan Singapura. Indonesia sukses juara ketiga lewat drama adu penalti lawan Thailand.

Piala AFF 2000: pertama kali menang di semifinal lawan Vietnam lewat perpanjangan waktu. Indonesia menang 3-2 kala itu. Pada partai final 4-1 dari Thailand

Piala AFF 2002: kembali lolos ke final setelah menang 1-0 lawan Malaysia di empat besar. Sayang, di final kalah dari Thailand pada babak adu penalti.

Piala AFF 2004: pertama kali home-away menang 5-3 lawan Malaysia. Pada final kalah agregat 2-5 dari Singapura

Piala AFF 2008: kalah di semifinal dengan agregat 3-1 dari Thailand.

Piala AFF 2010: menang di semifinal dengan agregat 2-0 atas Filipina. Namun, Indonesia kalah di final dari Malaysia dengan agregat 4–2.