Bhayangkara FC Tumbang Dari PSM Makassar 0-1

logo-tscPSM Makassar berhasil meraih kemenangan saat bertandang ke markas Bhayangkara FC pada pekan ke-29 Indonesia Soccer Championship (ISC) A, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (21/11). Rizky Pellu menjadi aktor kesuksesan PSM meraih poin penuh berkat gol semata wayangnya di laga tersebut.

Berkat tambahan tiga poin ini, PSM berhasil naik ke posisi keenam klasemen mengumpulkan 45 angka. Sementara Bhayangkara FC masih terpaku di tempat keempat mengemas 48 poin.

Babak pertama

Bermain di depan pendukungnya sendiri membuat Bhayangkara FC, berinisiatif mengambil alih jalannya pertandingan sejak menit awal. Tim asal Surabaya tersebut langsung melancarkan serangan cepat yang menuju ke jantung pertahanan tim tamu.

Sementara PSM, lebih terlihat bermain santai dengan umpan-umpan pendek yang dikombinasikan umpan jauh di lini tengah. Mereka menunggu momen yang tepat untuk melakukan serangan balik ke gawang Juku Eja.

Pada menit ke-19 PSM hampir saja membuka keunggulannya. Sayangnya, aksi gemilang yang diperlihatkan penjaga gawang Bhayangkara FC, Wahyu Tri membuat Titus Bonai gagal mencatatkan namanya di papan skor.

Satu menit setelahnya, PSM akhirnya bisa mencetak gol. Rizky Pellu memecah kebuntuan buat timnya setelah memanfaatkan bola dari sepakan keras yang dilepaskan Willem Jan Pluim yang menghujam ke dalam gawang Bhayangkara FC.

Setelah gol tersebut, PSM semakin gencar mengancam pertahanan Bhayangkara FC. Namun, lini belakang tim racikann Ibnu Grahan dengan tenang mengagalkan sejumlah peluang untuk mencetak gol yang dipunyai Ardan Aras dan kawan-kawan.

Memasuki akhir babak pertama, permainan semakin terbuka. PSM dan Bhayangkara FC melakukan jual beli serangan. Namun, hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan PSM tetap bertahan.

Babak kedua

Bhayangkara FC mengawali interval kedua ini dengan gebrakan yang berbahaya. Antoni Putro mendapatkan kans untuk menyamakan kedudukan, akan tetapi ia gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Di sisi lain, PSM kembali menampilkan permainan atraktifnya. Mereka berhasil membuat Bhayangkara FC kebingungan untuk memengang bola karena terus ditekan oleh klub asal kota Makassat tersebut.

Kwon Jun hampir saja memperlebar kedudukan buat PSM. Namun, pemain berpaspor Korea Selatan tersebut terlambat menyambut umpan terukur yang diberikan Jan Pluim di depan gawang Bhayangkara FC.

Di menit ke-72 Indra Kahfi yang berposisi sebagai bek mencoba peruntungan dengan tendangan spekulasinya. Tetapi usaha yang dicobanya belum bisa mengubah keadaan karena bola ditangkap Syaiful.

Menjelang berakhirnya pertandingan, PSM semakin sering membombardir pertahanan Bhayangkara FC. Tetapi sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga skor 1-0 untuk kemengan PSM tetap tidak berubah.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Bhayangkara FC: Wahyu Tri, Dany Saputra, Oravio Dutra, I Putu Gede, Lee Yoo Joon, M. Hargianto, Abdelkbir, Ilham Udin, Indra Kahfi, W. Suboseto, Rudi Widodo
Cadangan: Thomas Rian, Valentino Telabun, Fatchu Rohman, Suroso, Sahrul Kurniawan, Indra Setiawan, Antoni Putro

Pelatih: Ibnu Grahan.

PSM Makassar: Syaiful, Ardan Aras, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah, M. Rahmat, Kwon Jun, Rasyid Bakri, Willem Jan Pluim, Ridwan Tawainella, Titus Bonai
Cadangan: Deny Marsel, Reva Adi, Iban Wahyudi, Achmad Hisyam Tolle, Syamsul Bachri, Maldini Pali, Andri

Pelatih: Robert Rene Alberts.