ISC A: Barito Putera Ungguli PS TNI 1-0

Manajemen Barito Putera Belum Puas Dengan Legiun Asing Mereka

Barito Putera berhasil mengamankan poin sempurna saat menjamu PS TNI pada pekan ke-28 Indonesia Soccer Championship  (ISC) A, di Stadion 17 Mei Banjamasin, Minggu (13/11). Laskar Antasari mengalahkan PS TNI dengan skor 1-0.

Namun, kemenangan ini tak membuat posisi Barito berubah di tabel klasemen sementara ISC A. Mereka tetap menjadi juru kunci dengan raihan 24 poin. Sedangkan PS TNI berada di posisi 16 mengoleksi 25 angka.

Babak pertama

Bermain di depan pendukungnya sendiri membuat Barito tampil dengan penuh semangat sejak menit awal laga dimulai. Mereka berusaha menciptakan sejumlah peluang untuk mencetak gol ke gawang PS TNI yang dijaga oleh Teguh Amiruddin.

Bahkan pada menit ketujuh, skuat asuhan Yunan Helmi tersebut hampir saja unggul lebih dulu. Sayangnya, eksekusi tendangan bebas yang dilakukan Thiago Amaral masih berada tipis dari gawang PS TNI.

Tak lama setelah itu, Barito semakin gencar melakukan serangan. Hasilnya pada menit ke-14 mereka mendapatkan penalti setelah pemain PS TNI mengganjar Paulo Sitanggang di dalam kotak terlarang yang membuat wasit menunjuk titik putih.

Luis Carlos Junior yang menjadi eksekutor tendangan 12 pas tersebut menjalankan tugasnya dengan baik. Pemain asal berkebangsaan Brasil itu dengan tenang menjaringkan bola ke dalam jala gawang Teguh.

Unggul satu gol membuat pemain PS TNI terlecut untuk menyamakan kedudukan. Namun, rapatnya barisan pertahanan Barito yang digawangi oleh Muhammad Roby dan Thierry Gathussi membuat Pandi Lestaluhu dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol.

Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan tim yang mempunyai julukan Laskar Antasari tersebut tetap bertahan sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Babak kedua

Selepas turun minum tidak banyak perubahan yang dilakukan kedua tim. Barito tetap mendominasi jalannya pertandingan lewat serangan dari sisi sayap maupun umpan langsung ke mulut pertahanan PS TNI.

Sedangkan PS TNI tetap berusaha untuk mengembangkan permainannya. Mereka terlihat lebih banyak menunggu datangnya bola sambil berusaha mencari celah melakukan serang balik ke gawang tim tuan rumah.

Pada menit ke-56 Luis Junior hampir saja kembali mencatatkan namanya di papan skor. Akan tetapi sepakan keras yang dilepaskannya masih belum menemui sasaran.

Memasuki sepuluh menit pertandingan berakhir diwaktu normal, Barito semakin sering menciptakan peluang menggandakan kedudukan. Salah satunya adalah lewat tendangan plecing Amirul Mukminin yang masih berada di atas mistar gawang.

Hingga wasit membunyikan peluit tanda selesainya pertandingan, skor 1-0 untuk kemenangan Barito tetap tidak berubah.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Barito Putera: Imam Arief, Muhammad Roby, Thierry Gathussi, Ambrizal, Adam Alis, Amirul Mukminin, Paulo Sitanggang, Luis Carlos Junior, Thiago Amaral (Dedy Hartono 72′), Muhammad Aef Maulana, Nazar Nurzadin
Cadangan: Muhammad Riyadi, Wirabuana Prayogo, Faisal Fahri, Dedy Hartono, Yongky Aribowo, Agi Pratama, Ichsan Pratama

Pelatih: Yunan Helmi

PS TNI: Teguh Amiruddin, Romy Agustiawan (Choirul Hidayat  69′), Hardiantoro, Wiganda Pradika, Legimin Raharjo, Stevanus Bungaran, Guntur Triaji, Erwin Ramdani, Pandi Lestaluhu, Aldino Herdianto, Dwi Cahyono
Cadangan: Dhika Bhayangkara, Ravi Murdianto, Choirul Hidayat, Wanda Syahputra, Hendri Aprilianto

Pelatih: Zulkhairi Lubis.