Pemanasan Jelang Kompetisi U-16 & U-19, Enam Tim Bakal Bentrok di Ajang Trofeo

persija-barat-siap-gulirkan-kompetisi-u-16-dan-u-19Kompetisi usia muda U-16 & U-19 yang digagas Persija Barat FC dan Metrotvnews.com, akan digelar mulai awal tahun depan. Segala persiapan terus dimatangkan demi terciptanya kompetisi yang bersih dan kompetitif.

Selama 10 bulan, tim-tim usia di bawah 16 tahun dan di bawah 19 tahun akan bersaing dalam atmosfer kompetisi, demi mengasah kemampuan sekaligus meretas mimpi menuju Timnas Indonesia.

Sebelum kick-off dilakukan pada 29 Januari 2017, panitia sudah menyiapkan sebuah laga eksebisi bertajuk “Trofeo Football Challenge” yang akan diikuti enam tim/klub untuk kategori U-19. Laga ini akan digelar pada 8 Januari 2017.

Keenam tersebut di antaranya; ZAFA Pemuda Jaya FC, Bina Taruna Cibubur FC, Benteng Muda Tangerang, Persija Barat FC dan Angkasa FC.

Mereka nantinya akan bertarung dalam pertandingan yang mengusung format round robin. Setiap tim nantinya akan bertanding selama satu babak berdurasi 25 menit. Tim yang meraih poin terbanyak akan keluar sebagai juaranya.

Sama seperti ajang Trofeo TIM di Italia, penghitungan poin di ajang ini juga hampir mirip. Dengan kata lain, tidak ada hasil imbang dalam setiap pertandingan. Jika kedua tim bermain imbang selama 1×25 menit, maka, akan dilakukan adu penalti untuk menentukan pemenang.

“Trofeo Football Challenge ini bisa jadi ajang pemanasan buat tim-tim yang akan tampil di kompetisi,” ujar CEO Persija Barat yang juga penyelenggara kompetisi, Taufik Jursal Effendi kepada Metrotvnews.com di markas Persija Barat FC, Stadion Cenderawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa 8 November 2016.

Kompetisi U-16 & U-19 rencananya akan diikuti oleh 12 tim untuk kelompok usia U-16 dan 14 tim untuk kategori U-19. Sampai saat ini, pihak panitia masih membuka kesempatan bagi tim/klub yang ingin mendaftar hingga 25 November 2016.

Kompetisi ini akan berjalan selama 10 bulan, mulai Januari hingga Oktober 2017. Meski cukup panjang, kompetisi ini dipastikan tidak mengganggu kegiatan belajar para peserta yang umumnya masih bersekolah. Sebab, pertandingannya digelar hanya hari Minggu, mulai pagi hingga siang hari.

Lebih jauh, Taufik Jursal mengatakan, digelarnya Kompetisi U-16 dan U-19 ini tidak lepas dari kurangnya kompetisi usia muda di Indonesia. Padahal, ia menilai pembinaan usia muda menjadi salah satu faktor kunci dalam keberhasilan sebuah tim.

“Diharapkan kompetisi ini menjadi wadah buat para pemain muda mengejar impiannya membela timnas Indonesia, dan berprestasi di level internasional,” tandasnya.