Jelang Persija v Persib, Ridwan Kamil Imbau Bobotoh Menaati Peraturan

Ridwan Kamil Persilakan Jakmania Hadir di GBLAWali Kota Bandung Ridwan Kamil mengimbau Bobotoh untuk mentaati peraturan menjelang laga Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 5 November. Pasalnya, berdasarkan keputusan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator turnamen Torabika Soccer Championship (TSC) A 2016, Bobotoh dilarang untuk datang ke Manahan.

“Kita hidup harus sesuai dengan peraturan, kalau peraturannya membolehkan datang, kalau tidak jangan,” ujar pria yang akrab disapa Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (4/11/2016).

Emil mengatakan, jika Bobotoh tetap bersikukuh untuk datang ke Manahan, Bobotoh harus menjaga perilaku sebagai tamu. Ia tak ingin mendengar lagi adanya gesekan antara suporter terutama Bobotoh dengan The Jakmania yang kerap berujung anarkis.

“Tujuan kita menonton olahraga itu untuk perdamaian, kompetisi jangan pernah diganggu, diprovokasi oleh hal-hal negatif, jangan mau diprovokasi dan jangan juga memprovokasi. Datang saja sebagai penonton, tunjukkan kebobotohannya pada saat pertandingan,” sambung Emil.

Emil berharap, Bobotoh bisa menjaga nama baik serta santun terhadap tuan rumah terutama warga Solo jika tetap ingin berangkat. “Menghormati tuan rumah, menghargai mereka yang menjadi tuan rumah, tidak melakukan tindakan tindakan anarki,” lanjutnya.

Namun, Emil tetap mengimbau kepada Bobotoh untuk tidak memaksakan diri berangkat ke Solo. Ia menyarankan, demi ketertiban dan keamanan agar menggelar acara nonton bareng (nobar) di Bandung, salah satu tempatnya di Taman Film, Jalan Cikapayang, Kota Bandung.

Selain itu, Emil pun meminta Bobotoh tidak memunculkan wacana negatif di media sosial. Pasalnya, melalui media tersebut akan muncul berbagai upaya provokasi untuk memecah belah perdamaian suporter sepak bola.

“Kurangi wacana-wacana negatif di sosial media,” kata Emil.