“Pemain yang Selalu Dipanggil Jaminan Masuk Timnas”

kemenpora-pastikan-tak-ada-dana-untuk-timnas-aff-2016

Mantan bek tim nasional (timnas) Indonesia, Yeyen Tumena Chaniago (40), mengatakan bahwa kerangka tim nasional (timnas) Indonesia untuk Piala AFF 2016 sudah terllihat.

Hal itu disampaikan oleh Yeyen Tumena saat dihadirkan ke kantor redaksi BOLA, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (20/10/2016).

“Pemain yang selalu dipanggil pada setiap pemusatan latihan, saya pikir mereka masuk dalam proyeksi timnas untuk Piala AFF 2016. Skuat utama sudah mulai terbentuk,” ucap Yeyen.

Merujuk pernyataan Yeyen, memang ada beberapa nama yang tidak pernah absen dipanggil pelatih Alfred Riedl hingga pemusatan latihan terakhir di Sleman, Yogyakarta, 20-26 Oktober 2016.

Nama-nama tersebut antara lain Boaz Solossa, Zulham Zamrun, Rudolof Yanto Basna, hingga Andritany Ardhiyasa.

Sementara itu, Yeyen mengungkapkan pentingnya sebuah kompetisi untuk membentuk timnas yang mumpuni.

Kendati persiapan timnas hanya dua bulan, tetapi, bagi Yeyen, kehadiran Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016 cukup penting membentuk jam terbang pemain pascasanksi FIFA.

“Timnas tidak harus dengan pemusatan latihan jangka panjang, di dunia pun tidak ada. Namun, yang terpenting adalah jam terbang yang dibangun lewat kompetisi,” katanya.

Yeyen Tumena memulai kiprah profesionalnya di kancah persepakbolaan tanah air kala membela PSM Makassar pada 1995. Sebelumnya, jebolan PSSI Primavera itu sempat menjadi penghuni Indonesia U-16 pada 1993-1994.

Kali pertama mendapat panggilan tugas negara, Yeyen masuk dalam skuat timnas pada Piala Tiger (kini Piala AFF) 1996 Singapura saat usianya baru 20 tahun.