Kemenpora Berharap Kongres Pemilihan PSSI Tidak Ditunda

Gatot S Dewa Broto

Tak sampai satu pekan lagi Kongres Pemilihan PSSI akan digelar. Namun, hingga kini polemik tentang lokasi kongres tersebut masih belum menemui titik temu karena Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, merekomendasikan Yogyakarta, sementara PSSI menginginkan tetap menggelar di Makassar.

Adanya hal tersebut membuat kongres terancam molor dari jadwal yang sudah ditentukan yakni 17 Oktober 2016. Namun, deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S. Dewa Broto berharap Kongres Pemilihan tetap berjalan sesuai dengan agenda yang ditetapkan.

Meski demikian, Gatot menuturkan pihaknya tidak bisa mengambil kebijakan apa-apa. Pasalnya, itu di luar dari kewenangan dari Kemenpora yang hanya bisa memberikan rekomendasi tempat Kongres Pemilihan untuk dilangsungkan saja.

“Tapi kami tidak mau ambil kebijakan apapun. Karena itu sepenuhnya ranah PSSI. Kami hanya mendengar tapi kami tidak ingin membantu mendorong masing-masing pihak yang ada,” kata Gatot di kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (11/10).

Agenda utama Kongres Pemilihan adalah memilih pengurus PSSI untuk periode 2016-2020. Mulai dari ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite Eksekutif (Exco) PSSI.