APPI Minta ‘Image Rights’ Pemain Diperhatikan

appi-minta-image-rights-pemain-diperhatikan

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) meminta PT Gelora Trisula Semesta selaku operator dari Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 untuk menghargai image rights dari pemain.

Hal ini berkaitan dengan penggunaan karakter pemain pada gim fantasi online yang kini digagas oleh operator bersama dengan sponsor dari ISC. Karena menurut APPI, penggunaan image rights sudah berlaku di negar-negara lain.

“Image Rights dalam dunia sepakbola kini diterapkan oleh negara-negara lainnya sesuai dengan regulasi dari FIFA agar hak seorang pesepakbola semakin terlindungi.”

“Dalam hal ini, mengenai Image Rights pesepakbola yang digunakan dalam sebuah permainan game online/offline yang menggunakan unsur nama/wajah/karakterisitik seorang pesepakbola agar dapat dijalankan sesuai dengan regulasi dengan memperhatikan Image Rights yang seharusnya di dapat oleh pesepakbola tersebut.”

Dalam rilisnya kepada media, APPI juga menyampaikan apresiasi terhadap klub yang secara lancar memenuhi hak dari pemain. Karena baru-baru ini, terkuak bahwa terjadi penunggakan gaji pada pemain dan pelatih klub ISC B, PS Bangka.

“Untuk sisa kompetisi selanjutnya kami berharap, baik kepada klub mau pun PT GTS untuk dapat meningkatkan komitmennya dalam pemenuhan hak pesepakbola yang bermain di klubnya.”

“Hal lain yang ingin kami sampaikan adalah agar PT GTS dan Klub lebih ketat dalam menerapkan aturan mengenai perizinan (izin tinggal & izin kerja) bagi pesepakbola asing yang bermain di Indonesia.”