19 September ISC A Dihentikan Hingga PON Selesai

Joko Driyono

Perhelatan Indonesia Soccer Championship (ISC) A dipastikan dihentikan mulai tanggal 19 September hingga perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat XIX selesai.

Kepastian itu disampaikan langsung operator ISC A PT. Gelora Trisula Semesta memalui direkturnya, Joko Driyono. Menurut pria yang akrab dipanggil Jokdri ini, keputusan pemberhentian ISC A selama PON berlangsung sudah dsepakati 18 klub peserta.

“Berhenti mulai tanggal 19 sampai dengan PON ditutup. Tetapi seluruh klub sepakat melepas pemain yang dipanggil untik memperkuat provinsinya masing-masing sejak group stage PON, tanggal 14 nanti,” kata Jokdri kepada INILAHCOM, Senin (12/9/2016).

Keputusan menghentikan ISC A ini sudah digaungkan GTS ketika melakukan evaluasi putaran pertama dua pekan lalu. Namun, saat itu beberapa klub diantaranya Pusamania Borneo FC belum mendapatkan kepastian karena belum mendapatkan surat dari GTS kapan tanggal mulai dihentikan ISC A.

Saat itu, PBFC menjadi salah satu klub yang paling keras menyuarakan ketidaksetujuannya. Melalui Presiden klub, Nabil Husein Said Amin, PBFC menilai kebijakan menghentikan ISC A karena PON merupakan kebijakan yang salah kaprah. Pasalnya, PON sudah direncanakan jauh-jauh hari sehingga jika penjadwalan GTS mengacu pada agenda PON niscaya ISC A tidak akan terhenti.

“Persoalan ini sebenarnya bisa dihindari jika jadwal sedari awal sudah menyesuaikan agenda PON di Jawa Barat. Jikapun ISC tetap dilanjutkan, klub-klub yang berwilayah di situ untuk sementara bisa mencari stadion alternatif di luar daerah mereka. Ini simpel, tanpa harus membuat semua jadi ribet, karena kompetisi ini bukan soal mereka saja,” tutur Nabil Husein.

PON Jawa Barat XIX dijadwalkan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 17 September mendatang.