Peran Vava Mario Yagalo di Balik Solidnya Lini Belakang Persija

vava mario yagalo

Hasil positif Persija Jakarta di kandang Persib Bandung tak lepas dari permainan Vava Mario Yagalo di lini pertahanan. Permainan mantan pemain SAD Indonesia sebagai bek kanan cukup membuat pelatih Paulo Camargo senang dengan oleh-oleh satu poin dari Bandung, Sabtu (16/7/2016).

Vava Mario beraksi sebagai bek kanan tak lepas dari absennya kapten Persija, Ismed Sofyan. Pemain 23 tahun itu sejatinya adalah bek tengah. Namun, Camargo mencoba menempatkan Vava sebagai bek kanan.

“Saya mencoba menempatkan dia sebagai pengganti Ismed. Dia bagus dalam hal bertahan dan juga membantu serangan,” ujar Camargo selepas pertandingan.

Performa oke Vava di posisi itu ternyata memang seusai dengan apa yang diinginkan Camargo. Pelatih asal Brasil itu meminta Vava bermain dengan baik dan simpel, sehingga pertahanan Persija pun susah untuk ditembus pemain Persib.

“Saya berusaha untuk mengikuti instruksi dari pelatih Camargo, untuk bermain simpel, mungkin itu yang menjadikan saya pemain terbaik di laga lawan Persib. Hasilnya juga bagus, kami tidak kebobolan,” ujar Vava.

Solidnya lini belakang Persija memang menjadi momok tersendiri bagi Persib. Dua bek sayap dan dua bek tengah bermain tanpa cela. Bahkan setidaknya hanya ada 4 peluang yang mengarah langsung ke gawang Andritany, sisanya disapu dengan baik oleh ‘benteng’ Macan kemayoran.

Persija mendapat torehan positif usai tiga kali menderita kekalahan sebelum bertanding melawan Persib. Hasil itu membuat semangat dan mental para pemain Persija kembali bangkit, jelang menghadapi Persiba Balikpapan pada pekan ke-11 Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, akhir pekan mendatang.