Demi Persib, I Made Wirawan Rela Tak Rayakan Nyepi di Bali

Demi Persib, I Made Wirawan Rela Tak Rayakan Nyepi di BaliPenjaga gawang Persib Bandung I Made Wirawan terpaksa tak merayakan tahun baru Saka di tanah kelahirannya, Bali saat Hari Raya Nyepi jatuh pada Rabu (9/3/2016).

Kiper berusia 34 tahun itu rela tinggal di Bandung lantaran saat ini Persib tengah melakukan program latihan ketat untuk menghadapi Piala Bhayangkara yang dimulai pada 17 Maret mendatang.

“Saya enggak pulang ke Bali. , karena cuma bisa izin satu hari. Selain itu, ada program latihan juga,” ujar Made di Bandung, Selasa (8/3/2016).

Biasanya ketika di Bali, kata Made, dia bersama kelurga melakukan berbagai ritual seperti upacara Melasti ke Pantai, Ogoh-ogoh kemudian melakukan penyepian.

“Kalau yang di Bandung belum tahu, tetapi kayaknya enggak beda. Biasanya, kalau Nyepi ada ritual yang dilakukan (secara) umum juga,” tutur Made saat ditanya kemungkinan aktivitasnya selama di Bandung.

Meski begitu, hal itu tak menjadi kendala bagi Made. Pasalnya, kondisi serupa pernah ia jalani sewaktu membela Persiba Balikpapan.

“Saya pernah (merayakan) Nyepi di Balikpapan saat masih bersama Persiba. Yang jelas, ini bukan tahun pertama saya Nyepi di luar Bali,” ucapnya. (Kompas)