Kejelian Anjar Ubah Strategi Antar Tim Pra-PON Jateng Tekuk Persiku 3-0

Kejelian Anjar Ubah Strategi Antar Tim Pra-PON Jateng Tekuk Persiku 3-0

Tim PraPON Jateng menang 3-0 atas Persiku Kudus, dalam laga yang digelar di Stadion Gemilang, Magelang, Jumat (12/22016). Seluruh gol tercipta di babak kedua.

Kemenangan dengan margin gol cukup besar tersebut tak lepas dari kejelian Asisten Pelatih Jateng, Anjar Jambore Widodomenerapkan strategi.

Pada babak pertama yang berakhir dengan skor kacamata, Anjar menerapkan strategi 4-2-3-1 dengan Sholikul Islam diplot sebagai penyerang tunggal.

Namun strategi ini tidak membuahkan hasil memuaskan meskipun banyak peluang yang didapat Aceng Zainal Arifin dkk.

“Babak pertama kami mendapatkan banyak peluang tapi pemain kurang sabar seperti Sholikul maupun Aceng Zainal Arifin. Permainan Kudus bagus mereka disiplin di babak pertama. Dua hal itu membuat kami gagal mencetak gol di 45 menit pertama,” ujar Anjar.

Di babak kedua, pria asal Jepara itu mengganti Sholikul dengan Andika Dian dan mengubah formasi menjadi 4-3-3.

Ancaman pun langsung diberikan striker bernomor pungung 21 tersebut di menit ke-59. Ancaman itu berbuah pelanggaran atas Andika Dian di depan kotak penalti.

Wasit yang memberikan tendangan bebas di depan garis kotak penalti tak disia-siakan gelandang Heru Setiawan. Sepakannya yang melewati pagar betis Persiku meluncur deras ke sisi kiri penjaga gawang dan buat Jateng unggul 1-0.

“Saya mencoba alternatif Aldo (Ade Kurniawan) saya tempatkan sebagai penyerang sayap dalam formasi 4-3-3. Buktinya dia tadi berhasil tapi saya harap Aldo jangan cepat puas, sebab dia naik turun penampilannya,” lanjut Anjar

Pemain asal Pati itu mengirimkan dua umpan jitu untuk gol Jateng. Umpan silang Aldo mendatar dari sayap kiri Jateng mampu diselesaikan Heru lewat sepakan terarah di menit ke-73. Lalu Aldo mengirimkn umpan terobos dari sayap kiri kepada Kukuh Pramuyudha di depan gawang untuk cetak gol ketiga Jateng.

“Gol Kukuh saya harap meningkatkan percaya diri para striker. Yang penting selalu saya instruksikan para striker untuk bekerja keras, nanti kesempatan mencetak gol akan datang. Saya belum menentukan striker utama. Semua masih saya beri kesempatan yang sama,” tandas Anjar.

Di laga ujicoba keenam sejak pemusatan latihan 4 Januari lalu memang baru kali ini striker jateng unjuk kebolehan. Anjar berharap pekan depan saat bertolak melakukan TC di Bandung para pemain tetap menunjukkan peforma yang meningkat.