Rencana Persis Solo Lawan Garuda Merah-Putih Dibahas

Gagal Juara Piala Kemerdekaan, Persis Solo Dipertahankan

Bak gayung bersambut, keinginan Persis Solo beruji coba lawan gabungan tim Garuda Merah-Putih diapresiasi pihak penyelenggara. Agenda tersebut masuk bahasan rapat panitia dalam persiapan laga eksibisi di Stadion Manahan dan Maguwoharjo Sleman, 4 dan 6 Februari. Jika disetujui, partai latih tanding Laskar Sambernyawa itu berlangsung 8 Februari di Solo.

”Beberapa hari lalu kami menggelar rapat dengan panitia. Teman-teman juga membahas ajakan Persis. Tentu kami mempertimbangkan,” kata salah seorang panitia penyelenggara Edy Syahputra, Selasa (19/1).

Laga ekshibisi tersebut digelar guna membantu penyembuhan cedera panjang mantan penggawa Timnas, Alfin Tuasalamony dan Mohammad Nasuha. Selain itu juga memberikan dorongan motivasi bagi eks kiper Timnas, Kurnia Sandy yang sempat terbaring di rumah sakit, beberapa waktu lalu.

Garuda Merah yang diarsiteki Daniel Roekito dan Seto Nurdiyantoro dihuni para pemain Arema Cronus dan Surabaya United, di antaranya Hasim Kipuw, Ahmad Bustomi, Slamet Nurcahyo dan Patrich Wanggai. Sementara, Garuda Putih racikan mantan pelatih Persis Solo, Isman Jasulmey-Widyantoro antara lain bermaterikan stoper Sriwijaya FC, Fakhrudin Wahyudi Aryanto, lalu penyerang Ferdinand Sinaga.

Beberapa nama lain adalah penggawa Persib, Atep dan Tony Sucipto. Persis Solo ngebet untuk bertarung melawan gabungan dua tim tersebut. Salah satu alasannya, skuad asuhan karteker pelatih Agung Setyabudi tersebut butuh ajang uji coba sebagai persiapan mengikuti turnamen Piala Wali Kota Padang, 14-20 Januari.

”Kami mengkaji beberapa hal termasuk animo penonton. Jangan sampai laga amal justru kalah ramai. Karena niat awal untuk membantu Alfin dkk,” tutur Edy, yang juga agen pemain.

Sementara itu, komposisi skuat Persis diharapkan komplet akhir bulan ini atau sebelum perhelatan Piala Wali Kota Padang. Hal tersebut menyusul minimnya pemain yang hadir dalam program latihan selama sepekan terakhir. Rata-rata, pemain yang muncul pada setiap latihan berkisar 11-14 orang. (Ronald Seger Prabowo, Setyo Wiyono / CN26/suara merdeka)