Tantangan Bomber ‘Cilik’ Persib di Markas Inter Milan

Gian Zola Target Jadi Lebih Oke setelah Berlatih di Italia

Striker muda Persib Bandung, Gian Zola, mendapat kesempatan untuk berlatih di Italia bersama Inter Milan. Rencananya, Zola akan berlatih bersama tim muda Inter selama satu bulan.

Kesempatan ini tak mau disia-siakan oleh Zola. Pemuda 17 tahun tersebut bertekad untuk memanfaatkan waktu berlatih di Italia.

Salah satu materi yang ingin dipelajarinya adalah trik mengelabui pemain bertahan dengan postur besar. Ya, Italia memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak pemain bertahan hebat.

Tak hanya punya postur besar, para pemain bertahan di Italia juga terbilang licik dan cerdik dalam merebut bola dari penguasaan lawan. Mereka juga sering bermain kasar dan provokatif agar pertahanan mereka tidak bobol.

“Pastinya banyak ilmu yang bisa diambil dari sana. Memang, di Italia atau negara Eropa lain fisik sangat penting. Tubuh saya kecil, tapi tak masalah. Justru saya mau belajar bagaimana cara untuk meloloskan diri dari hadangan pemain belakang lawan yang badannya lebih besar,” kata Zola kepada VIVA.co.id, Rabu 13 Januari 2016.

Berlatih bersama Inter Milan, disebut Zola, juga bisa meningkatkan ketahanan mental bermain. Zola sadar, masalah kebanyakan pemain di Indonesia adalah mental bertanding yang lemah.

“Pastinya harus siap mental sebelum berangkat ke sana. Saya harus siap beradaptasi dengan kondisi di Italia. Mulai dari bahasa, makanan, dan lain-lain,” ujar Zola. (vivabola)