Persis Muda Bakal Terapkan Program Promosi-Degradasi

Persis Muda

Puslat Persis Muda Solo bakal menerapkan program promosi-degradasi dalam menjaga kualitas pembinaannya. Sejumlah pemain yang tidak bisa menunjukkan performa bagus selama menghuni puslat akan terdegradasi, sedangkan pesepak bola muda berpotensi bagus di luar puslat akan dipromosikan.

“Promosi-degradasi akan diterapkan akhir tahun ini. Dengan demikian, kualitas para pemain secara menyeluruh dalam puslat tetap terjaga,’’ kata Wakil Direktur Puslat Persis Muda Teddy Agung Soelistyo, Rabu (2/12).

Selama ini ada sekitar 30 pemain yang tergabung dalam latihan Puslat Persis Muda. Empat di antara mereka menimba ilmu di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sepak Bola Jateng , yakni Arga Permana, Ricky Junian, Fredyan ‘’Ucil’’Wahyu dan Ronny Sugeng Aryanto. Usia para pemain tersebut beragam, beberapa orang merupakan kelahiran 1997, sebagian kelahiran 1998, serta lainnya kelahiran 1999 dan 2000.

“Usia mereka memang beragam, karena proyeksi anak-anak yang digempleng juga untuk macam-macam kegiatan. Yakni Liga Nusantara jika nantinya digelar, tim Solo untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018, suplai pemain Persis Yunior untuk Piala Soeratin serta Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) SMA,” jelas Teddy.

Sementara itu, latihan rutin Persis Muda terus berlangsung. Senin sore, Zakariyya Anwar dkk selalu digembleng di lapangan Makamhaji, sedangkan setiap Selasa, Kamis dan Jumat sore ditempa di Stadion Sriwedari. Materi fisik selalu diterapkan pelatih Agus ‘’Atek’’ Pratikto, di sela-sela porsi teknik dan olah bola di lapangan hijau.

“Kerja sama dengan banyak variasi bola-bola pendek terus dimatangkan, baik dalam strategi menyerang maupun bertahan. Secara umum anak-anak sudah bisa, tapi harus terus diasah sehingga tidak sering terjadi salah paham,” ujar Atek.

Kesalahan-kesalahan yang terkadang masih muncul seperti passing dan kontrol yang kurang tegas, juga berusaha terus dikikis. Kematangan performa para pemain muda itu diharapkan bisa menjadi bekal mereka sebelum menapaki kancah kompetisi di ajang senior. (Suara Merdeka)