Menang 3-0 atas ASA FC, PSM Ketemu Sidrap United di Semifinal Habibie Cup

Menang 3-0 atas ASA FC, PSM Ketemu Sidrap United di Semifinal Habibie Cup

PSM Makassar melaju ke babak semifinal Piala Habibie XXI 2015 setelah mencukur ASA FC Sulbar, 3-0 pada babak 8 besar Piala Habibie, Kamis (5/11) sore di Stadion Gelora Mandiri, Parepare, Sulawesi Barat.
Gol PSM masing-masing dicetak Muchlis Hadi Ning Syaifullah pada menit 23. Rasyid Rahman Datu menambah keunggulan Ramang Muda pada menit 58. Risman menutup pesta gol Juku Eja pada menit 64. PSM yang menurunkan skuat U-21 pada turnamen ini tampil garang di lapangan. Meskipun tim Asa Sulbar diperkuat beberapa pemain yang pernah tampil di Divisi Utama.

Sejak pluit babak babak pertama berbunyi Ramang Muda langsung melakukan tekanan. Namun serangan Maldini Pali dan kawan-kawan selalu dipatahkan barisan pertahanan Asa Sulbar. Dukungan ratusan suporter dari Makassar yang tak henti-hentinya memberikan dukungan menambah semangat anak-anak Makassar.

Hasilnya, Muchlis Hadi yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Asa Sulbar merubah skor 1-0. Tendangan kerasnya tak mampu dihalau penjaga gawang ASA.

Unggul 1-0, PSM Makassar kembali menguasai jalannya pertandingan. Meski beberapa kali melakukan serangan namun tak ada gol tambahan hingga 45 menit pertama usai.

Memasuki babak kedua anak-anak ASA Sulbar mencoba menekan PSM. Namun serangannya mampu dibaca barisan pertahanan PSM yang dikawal Waksiat, Suwandi, Risman dan Fuad.

Sebaliknya PSM berusaha balik melakukan tekanan. Hasilnya menit 58, Rasyid Rahman Datu yang menyisir sayap kanan Pasukan Ramang Juku Eja kembali menggetarkan jala gawang PS Asa Sulbar. 2-0 untuk keunggulan PSM.

Tertinggal 2-0, PS ASA Sulbar berusaha bangkit dan melakukan counter attack. Namun kiper PSM David Ariyanto tampil memukau mengawal gawangnya. Petaka terjadi pada menit 60. Pemain Asa, Idul Hakim diusir wasit setelah melalukan pelanggaran keras dan mendapat kartu kuning kedua. Kesempatan ini dimanfaatkan anak-anak PSM.

Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan. Gelandang muda asal Ambon, Ridwan Tawainella merengsek sampai ke kotak 16 dan melewati tiga bek ASA. Ia kemudian melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau kiper Asa . Skor berubah 3-0. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi tambahan gol. Dengan hasil ini, PSM Makassar akan bertemu Sidrap United di semifinal yang sebelumnya mengalahkan Sandeq Polman 2-0.

Pelatih PSM, Syafril Usman dengan tegas mengatakan tidak gentar menghadapi tim mana pun. Termasuk Sidrap United yang menurunkan 11 bintang ISL di turnamen ini.

“Kita siap hadapi siapapun. Apalagi hasil hari ini membuat anak-anak semakin bersemangat dan termotifasi menghadapi pertandingan selanjutnya,” tegas Syafril.

Menurut eks pemain PSIS Semarang dan PSM ini, melawan tim yang diperkuat bintang-bintang ISL membuat pemain PSM U-21 lebih bersemangat.

“Ada motivasi tersendiri saat melawan tim kuat. Pemain muda ini punya semangat,” katanya.