Lima Klub Indonesia Yang Masuk Daftar Peringkat Teratas AFC

Lima Klub Indonesia Yang Masuk Daftar Peringkat Teratas AFC

Lima klub Indonesia masuk dalam daftar klub teratas Asia sesuai perhitungan AFC. Kelima klub tersebut antara lain Persib Bandung, Persipura Jayapura, Arema Cronus, Semen Padang dan satu klub kejutan Persibo Bojonegoro.

Persibo menjadi kejutan tersendiri karena sebagaimana diketahui klub itu kini tak lagi berpentas di kasta tertinggi Indonesia. Namun hal tersebut menjadi wajar karena daftar klub AFC hanya memasukkan klub yang berpentas di kompetisi antarnegara Asia (Liga Champions Asia dan Piala AFC).

Perhitungan sendiri dilakukan berdasarkan performa klub dalam empat musim terakhir. Dan, berdasarkan perhitungan di tahun 2015, terdapat lima klub Indonesia yang terdaftar di 155 klub teratas Asia menurut AFC. Persipura menjadi yang terbaik di antara lima klub tersebut dengan menempati posisi 56.

Raihan tim Mutiara Hitam memang terbilang positif sebagaimana tahun 2014 mereka mampu menembus semi-final Piala AFC. Disusul oleh Arema yang menempati posisi 75, kemudian Semen Padang di peringkat 84, serta kampiun Indonesia Super League 2014, Persib, di peringkat 92.

Persibo yang tampil di Piala AFC 2013 dan jadi juru kunci pada fase grup tergelepak di posisi 120. Peringkat klub versi AFC ini sendiri diumumkan setiap musim berdasarkan performa musim sebelumnya dan catatan klub empat musim terakhir.

Guanzhou Evergrande yang rutin tampil di Liga Champions Asia dan meraih titel tersebut pada 2013 menempati posisi satu. Disusul dua klub Arab Saudi Al Hilal (2) dan Al Ahli (3). FC Seoul dari Korea Selatan di posisi empat dan Kashiwa Reysol di peringkat lima.

loading...