“Bobotoh” Minta Mahaka Tinjau Ulang Kategori Suporter Terbaik

Bobotoh Minta Mahaka Tinjau Ulang Kategori Suporter TerbaikViking Persib Club (VPC) meminta Mahaka Sports and Entertainment sebagai operator Piala Jenderal Sudirman untuk meninjau ulang soal rencana pembuatan kategori suporter terbaik dalam turnamen yang akan digelar mulai 14 November tersebut.

Kepada Kompas.com beberapa waktu lalu, CEO Mahaka Sports and Entertainment, Hasani Abdulgani, menjelaskan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan untuk memberikan penghargaan kepada suporter.

Dijelaskan Hasani, penetapan suporter berdasarkan tiga aspek, yakni cara masuk suporter masuk ke stadion, euforia suporter di dalam stadion, dan reaksi suporter saat timnya kalah.

Perwakilan VPC, Agus Rahmat, menilai kategori tersebut perlu dikaji karena ada hanya tiga tim (Bali, Malang, dan Surabaya) yang berstatus tuan rumah pada fase grup.

“Kalau di kompetisi, ada pertandingan home dan away. Misalnya, kalau bermain di luar terus, kami mau buat suatu kreasi seperti koreografi akan sulit. Jadi yang lebih diuntungkan ya suporter tuan rumah,” kata Agus seperti dikuti dari Simamaung.

Sementara Dirigen Viking, Yana Umar, mengaku lebih setuju jika hadiah tersebut didonasikan untuk korban kabut asap yang melanda sejumlah area di Indonesia.

“Kalau perlu setiap tiket pertandingan disisihkan atau dilebihkan misalnya Rp 1.000 untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, misalnya kabut asap,” tuturnya.

Yana juga mengaku akan sulit mendistribusikan hadiah jika bobotoh berhasil menyabet gelar suporter terbaik. “Organisasi suporter Persib saja kan banyak, bukan hanya Viking. Berapa jumlah hadiahnya kan belum tahu. Jadi ya lebih bagusnya disumbangkan atau Mahaka bikin kategori suporter paling peduli bencana, nanti hadiahnya disumbangkan kembali untuk bencana,” usulnya.