Anggota Jakmania Jualan Merchandise demi Dampingi Persija di Bali

Anggota Jakmania Jualan Merchandise demi Dampingi Persija di BaliMilitansi The Jakmania dalam mendukungPersija Jakarta di Piala Presiden 2015 patut diacungi jempol. Sebagian dari mereka bahkan mengandalkan penjualan pernak-pernik atau merchandise untuk membiayai kebutuhan pokok selama di Bali.

Heru (21) bersama rekannya Iqbal Danur (18) adalah dua di antara rombongan pendukung tim ibu kota yang setia mendampingi tim kesayangannya berlaga di manapun berlaga. Bedanya, ongkos pengeluaran diperoleh dari hasil penjualan merchandise.

“Cara ini sudah saya jalani mulai dari tahun 2001. Awalnya jualan di Jakarta saja, tapi coba-coba bawa sebagian produk pernak-pernik ke luar kota hasilnya lumayan. Kemudian jadi keterusan kalau away (tandang) selalu bawa bahan jualan untuk menambah ongkos perjalan dan makan sehari-hari di luar kota,” kata Heru yang tergabung dalam Korwil Jakmania Kalideres, Jakarta Barat.

Kendati tidak untung seberapa, namun hasil penjualan cukup membantunya bertahan menetap di setiap lokasi di mana Persija berlaga.

“Enaknya bisa dukung Persija ke mana-mana, tapi ya harus siap bawa banyak barang,” ujar Iqbal menimpali.

Perjuangan Heru dan Iqbal untuk selalu mendampingi Bambang Pamungkas dkk cukup berat. Mereka harus menempuh perjalan panjang melalui jalur darat sekira 41 jam. Belum lagi harus menjinjing tumpukan merchandise yang akan dijajakannya di sekitar Stadion I Wayan Dipta Gianyar. (Tribunnews)