Mantap! Indonesia Bakal Punya Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Usia Dini

Mantap! Indonesia Bakal Punya Buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Usia Dini

TIMO Scheunemann, pelatih yang konsen dalam pembinaan sepak bola usia muda memberikan Menpora Imam Nahrawi sebuah buku. Harapannya, buku yang berisi kurikulum sepak bola usia muda tersebut, bisa menjadi acuan kurikulum sekolah sepak bola di Indonesia.

Buku yang dimiliki oleh Timo itu sejatinya sudah dibuat sejak 2012 lalu. Buku tersebut bahkan disiapkan, sebagai kurikulum sepak bola nasional, sehingga pembinaan dan pelatihan sepak bola di Indonesia memiliki pakem yang jelas dari usia dini.

“Buku ini memang mengambil dari beberapa lembar buku milik Claudio Reyna (Direktur teknik sepak bola Amerika Serikat, red). Saya terjemahkan, diberi penjelasan detail sampai jadi 300 halaman lebih,” kata pelatih berdarah Jerman tersebut.

Menpora Imam Nahrawi memberikan respon positif terhadap buku pembinaan tersebut. Dia akan melihat terlebih dulu isi buku tersebut sebelum memutuskan apa langkah selanjutnya.

Namun, dia menyiratkan bakal memberikan dukungan agar buku tersebut menjadi kurikulum pembinaan sepak bola usia muda.

“Kami senang ternyata ada buku yang bagus dan sistematis. Kami akan lihat dan pikirkan bagaimana ke depan agar tujuan buku itu tercapai,” tuturnya. (dkk/jpnn)