Liga Santri Bakal Dimulai di Jawa Barat 10 Agustus

MenporaKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menggelar liga sepak bola khusus santri atau murid pondok pesantren.

Rencananya, kick-off liga santri tersebut akan digelar di sejumlah kota di Jawa Barat, yakni di Karawang dan Garut pada 10 Agustus mendatang.

“MoU (nota kesepahaman) dengan PBNU sudah kami buat di Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang pada forum Muktamar NU ke-33 kemarin. Akan ada 150 pesantren se-Indonesia yang ikut liga santri nanti,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Selasa (4/8/2015).

Selain menumbuhkan kesadaran berolahraga di kalangan pesantren, liga sepak bola santri ini merupakan upaya pemerintah memperkuat basis kepemudaan. “Pesantren adalah gudangnya sumber daya pemuda, namun selama ini kurang diperhatikan oleh pemerintah,” ujar politisi PKB ini.

Liga santri kata Imam, juga diyakini mampu mengalahkan perhatian santri terhadap upaya radikalisasi. Karena dengan olahraga, maka manusia akan mampu berpikir sehat, dan akan menangkal segala bentuk serangan radikalisme yang memasuki pesantren. (Kompas)

loading...