Kemenpora: Piala Kemerdekaan tidak Ilegal

Kemenpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan Piala Kemerdekaan yang dibuat Tim Transisi tidaklah Ilegal. Sebagai supervisi kemenpora terhadap kegiatan PSSI, Tim Transisi bertanggung jawab sementara waktu untuk menjalankan aktifitas PSSI seperti PIala Kemerdekaan.

Biro hukum Kemenpora, Yusuf Suparman mengatakan tidak tepan PSSI yang tidak diakui Kemenpora menyebut Piala Kemerdekaan itu ilegal dan tidak diakui FIFA. Padahal PSSI tidak mempunyai kewenangan apapun di dalam negeri setelah disanksi kemenpora. Begitupun dengan kewenangannya di luar negeri setelah sanksi FIFA dijatuhkan pada 30 Mei lalu.

“PSSI tidak bisa menyebut Piala Kemerdekaan itu ilegal. Tidak tepat karena PSSI sudah tidak punya kewenangan di dalam atau di luar negeri,” kata Yusuf yang juga menyebut PSSI tidak bisa menjadi eksekutor menjalankan kegiatannya setelah disanksi FIFA.

Sehingga otoritas Kemenpora dalam membina dan mengawasi pelaksanaan keolahragaan bisa dilakukan dengan membentuk tim sementara sebagai penghantar ke kepengurusan berikutnya dengan membuat Piala Kemerdekaan. (Republika)

Comments are closed.