Liga Kompas Gramedis U-14: Tiga Tim Lolos ke Babak Reguler

bola

Tiga tim sekolah sepak bola (SSB) berhasil merebut tiket ke babak reguler Liga Kompas Gramedia U-14 setelah tampil sebagai juara grup. Ketiga tim tersebut adalah Remci Tangerang, Garuda Putra, dan Cibinong Putra.

Ketiga tim itu menang di laga terakhir babak play off putaran kedua, Minggu (12/4), di Stadion Ciracas, Jakarta. Pekan ketiga babak play off itu menjadi laga penentu di grup H dan I.

Di Grup G, Remci Tangerang yang sudah diprediksi bakal lolos sejak pekan kedua play off berhasil memperkuat posisi setelah menang 3-0 atas Serpong Jaya. Sayangnya, tim mendapat pengurangan poin karena tak menurunkan semua pemain. Remci melaju ke babak final tanpa poin penuh, yakni 8 poin.

Di grup H, Garuda Putra lolos ke babak reguler setelah berhasil menaklukkan All Star Galapuri. Di laga penentuan itu, kekompakkan pemain Garuda Putra berhasil membobol gawang lawan sejak menit-menit awal. Tim itu menang 2-0 berkat gol yang dicetak Gilang Romadhon (menit ke-3) dan Nurfajar Rizki Ma’rif (menit k-8).

Di Grup I, Cibinong Putra menang 1-0 atas Laskar Muda FC. Perebutan tiket ke babak reguler di Grup I terasa sengit karena selisih poin di klasemen sementara grup itu tak jauh. Lima kartu kuning keluar dari kantong wasit saat laga antara Cibinong Putra dan Laskar Muda FC.

Astam yang lebih dulu menang atas Garuda Sakti lebih berpeluang ke babak reguler jika Cibinong dan Laskar Muda bermain seri. Namun, peluang itu pupus setelah Cibinong berhasil mencetak gol lewat penalti Muchamad Yudha Febrian di menit ke-56. Tim yang terdegradasi pada LKG U-14 tahun 2014 itu akhirnya kembali mendapat tempat di babak reguler musim ini.

Pelatih tim Cibinong Putra M Rohudin mengatakan, timnya memang fokus membina pemain baru demi masuk ke babak reguler. “Perjuangan semua pemain berhasil membawa kami kembali ke babak reguler liga kompas. Teknik dan strategi permainan anak-anak semakin berkembang,” kata Rohudin.

Ia mengatakan, target utama timnya di liga kompas adalah mempertahankan skor agar tidak terdegradasi untuk kedua kali. Tahun lalu, Cibinong menempati posisi kedua terbawah sehingga tersingkir dari babak reguler. “Kami perlu mengevaluasi pemain. Mimpi kami bisa masuk delapan besar,” katanya.

Pelatih tim Garuda Putra Tias Tano Taufik mengatakan, perjuangan masing-masing tim menuju babak reguler sangat berat. Sebanyak 24 SSB yang mengikuti babak play off putaran pertama bersaing untuk bisa masuk ke babak play off putaran kedua. Sebanyak 12 SSB yang tersisadi babak play off putaran kedua masih harus bersaing hingga terpilih tiga tim terbaik.

Menurutnya, persiapan dan kerjasama yang matang menjadi kunci kemenangan tim. “Persiapan kami memang untuk lolos ke babak reguler. Keberhasilan ini berkat perjuangan semua pemain,” kata Tias.

Di babak play off putaran kedua, langkah Garuda Putra sempat tertahan karena hanya bisa bermain seri saat melawan Ragunan Soccer School. Kekuatan tim asal Bekasi, Jawa Barat itu kembali terlihat saat berhasil menekuk Salfas Soccer dan All Star Galapuri.

Sebagai tim pendatang baru, Tias mengaku belum punya target muluk untuk kompetisi di babak reguler. Ia hanya ingin timnya tetap bertahan di babak reguler LKG U-14 bersama 15 tim lain. “Sebagai pendatang baru, yang terpenting bagi kami adalah mempertahankan posisi agar tidak terdegradasi,” ungkap Tias. (Kompas)