Kembali Latih Timnas, Benny Dolo Cetak Rekor Bersejarah

Kembali Latih Timnas, Benny Dolo Cetak Rekor Bersejarah

Nama Benny Dolo kembali ke kursi pelatih tim nasional Indonesia. Meski berstatus hanya sementara saja, peracik strategi yang akrab disapa Bendol itu sudah berhasil mencatatkan sejarah.

Dengan penunjukan yang dilakukan PSSI lewat Badan Tim Nasional (BTN) pada hari Jumat, 27 Februari 2015, Bendol berarti akan menjadi pelatih timnas untuk kali ketiga sepanjang karir kepelatihannya.

Hal itu menjadi sebuah sejarah tersendiri karena belum ada pelatih yang dipercaya tiga kali menjadi pelatih skuad “Garuda” sejak periode awal tahun 1934.

Pria kelahiran Manado ini pertama kali menjadi pelatih timnas pada tahun 2000 dan hanya bertahan setahun, usai gagal menembus babak kualifikasi Piala Dunia 2002.

Bendol lalu kembali menjadi aristek timnas pada tahun 2008, berhasil memberikan gelar Piala Kemerdekaan dan melaju ke semifinal Piala AFF. Namun, dipecat pada tahun 2010 usai gagal lolos Piala Asia. Lima tahun kemudian, pria 64 tahun ini akhirnya kembali.

Catatan Bendol berhasil melewati dua pelatih yang sebelumnya memiliki catatan yang sama. Suwardi Arlan pernah dua kali melatih timnas (1972-74, 1976-78), begitu juga dengan Ivan Kolev (2002-04, 2007). (Vivabola)